Luncurkan Aplikasi Si Sigap untuk Layanan Kedaruratan di Kabupaten Grobogan


PURWODADI, Grobogantoday.com- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Grobogan, Dinas Kesehatan meluncurkan aplikasi berbasis android, yakni Si Sigap.  Aplikasi ini secara resmi diluncurkan pada Jumat (15/12) di halaman Dinas Kesehatan Grobogan, Jalan Gajahmada, Purwodadi. Suara sirene mobil ambulans menandai diresmikannya program baru yang diluncurkan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan yakni Public Service Centre (PSC) Si Sigap.
"Aplikasi ini dapat digunakan ponsel berbasis android. Dengan aplikasi ini, kita akan dapat meningkatkan akses dan mutu layanan kegawatdaruratan, mempercepat respon penanganan, dan menyelamatkan jiwa serta mencegah kecacatan," kata drg. Lely Astati, Kepala Dinas Kesehatan Grobogan.

Lely menjelaskan penggunaan aplikasi ini saat keadaan darurat. Jika terjadi kebakaran atau kecelakaan, masyarakat bisa segera meminta bantuan melalui call center 08112930119 atau melalui aplikasi Si Sigap. “Untuk aplikasi Si Sigap, bisa diunduh melalui playstore pada ponsel android. Setelah mendapat info dari masyarakat, kami mengirimkan bantuan sesuai kasus yang dilaporkan," jelas Lely.

Lely menambahkan pertolongan yang dilakukan petugas Si Sigap ini sesuai prosedur karena mereka telah mendapatkan sertifikat BTCLS. Dengan pertolongan petugas, masyarakat yang membutuhkan bantuan dapat segera diselamatkan. “Beberapa pihak yang ikut masuk dalam Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yakni rumah sakit, puskesmas, PMI, kepolisian, TNI, Damkar, BPBD serta SAR. Jejaring inilah yang membentuk komunikasi bersamaan melalui aplikasi Si Sigap ini,” terangnya.

Peresmian aplikasi ini dilakukan oleh Bupati yang diwakili Asisten I Setda Kabupaten Grobogan, Nur Said. Peresmian aplikasi ditandai dengan penekanan tombol bersama dengan jajaran Forkopimda yang turut hadir dalam kegiatan ini. Usai meresmikan aplikasi ini, Nur Said didampingi Lely Astati meresmikan gedung Public Safety Center (PSC) yang merupakan ujung tombak pelayanan kegawatdaruratan Pra Fasyakes Daerah di Kabupaten Grobogan.


Dalam sambutannya, Nur Said meminta kepada Dinas Kesehatan untuk terus meningkatkan pelayanan  kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Grobogan. Terutama setelah diresmikannya aplikasi si Sigap dan gedung PSC Kabupaten Grobogan ini. "Kami dari Pemkab Grobogan mengapresiasi adanya layanan Si Sigap dan PSC ini. Dengan adanya layanan ini, masyarakat di Kabupaten Grobogan dapat berkoordinasi langsung dengan petugas di lapangan ketika terjadi kegawatdaruratan," kata Nur Said.(Tya/RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel