Empat Kecamatan di Grobogan Diterjang Banjir Bandang



GROBOGAN,Grobogantoday.com- Curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Grobogan membuat sejumlah kecamatan mengalami banjir bandang, Senin(26/2/208). Banjir tak hanya menggenangi rumah warga saja, namun juga membuat akses jalan putus akibat longsor. Longsor mengakibatkan putusnya akses jalan dari Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan ke Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari maupun sebaliknya.

Di Kecamatan Grobogan, banjir bandang menerjang 5 desa, yakni Desa Lebak, Putatsari, Tanggungharjo, Teguhan dan Ngabenrejo. Ratusan rumah terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi, mulai dari 30 hingga 70 centimeter. Ketinggian air yang cukup tinggi membuat jalan utama Putatsari-Tanggungharjo tidak bisa dilalui kendaraan. “Banjir kali ini lebih besar daripada banjir terakhir dua mingguan yang lalu,” ujar Purnomo, warga Dusun Ngrumpeng, Desa Putatsari.


Walaupun menggenangi rumah mereka, warga tetap bertahan di rumah masing-masing. Menurut mereka, banjir tidak akan berlangsung lama. Air hanya sebentar saja melintas di pemukiman warga. “Paing sebentar juga surut. Namun begitu juga sangat merugikan warga,” tambah Purnomo.

Akibat drainase yang buruk, tiga rumah di Dusun Kablukan, kelurahan Danyang terendam banjir. Ketinggian air di rumah warga mencapai 30 centimeter. Namun begitu, warga tetap bertahan di rumah masing-masing.

JALAN PUTUS: Akibat jalan longsor, akses dari Desa Sumberagung ke Desa Karangasem putus.


Banjir bandang juga menimpa Kecamatan Ngaringan. Setidaknya tiga desa terdampak, yakni Desa Sumberagung, Bandungsari dan Tanjungharjo. Di Desa Sumberagung, banjir bandang mengakibat longsornya akses jalan dan jembatan rusak. Hal ini mengakibatkan akses jalan dari Desa Sumberagung ke Desa Karangasem terputus. “Paling parah terjadi di Desa Sumberagung, setidaknya ada 4 dusun yang terdampak. Berapa kerugiannya masih kita inventarisir,” jelas Camat Ngaringan Teguh Harjokusumo.

Selain itu, banjir bandang juga terjadi di Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari dan Desa Boloh, Kecamatan Toroh. (RE)





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel