Manfaatkan Kulit Ari Kedelai, SMK N 1 Purwodadi Sabet Juara Krenova 2018




PURWODADI,Grobogantoday.com- Kuping gajah berbahan kulit ari kedelai berhasil menjadi  juara pertama  lomba Krenova (kretivitas dan inovasi) 2018 tingkat Kabupaten Grobogan. Keunikan hasil kriya dari pelajar SMKN 1 Purwodadi tersebut mampu mengalahkan kreativitas dan inovasi dari peserta lainnya.



Emi Eka Puspitasari dan Putri Wulandari, dua pelajar jurusan Jasa Boga SMKN 1 Purwodadi yang membuat snack sehat itu dengan pendampingan gurunya. Saat ditemui Grobogantoday.com, Emi mengatakan, pembuatan kuping gajah dengan bahan kulit ari ini membutuhkan waktu cukup lama. Hal ini dikarenakan kulit ari kedelai dalam pembersihannya menggunakan cara manual. "Karena itu perlu waktu enam hari," kata Emi.


Bersama Putri, Emi berkreasi dengan bahan-bahan seperti tepung terigu, kulit ari kedelai yang sudah dikukus dan dihaluskan, telur, margarin, gula halus, garam, santan dan cokelat bubuk. "Cara pembuatannya pun sama dengan pembuatan kuping gajah pada umumnya. Hanya saja kami menambahkan variasi berupa kulit ari kedelai ini," katanya.


Selain sebagai snack, kuping gajah berbahan kulit ari ini juga punya manfaat penting. Terutama untuk kesehatan. "Ada banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan di antaranya serat kasar, lemak tak jenuh, kadar air dan kadar abu. Selain memanfaatkan limbah kulit ari kedelai, snack ini juga bagus dikonsumsi anak-anak serta meningkatkan perekonomian dan pengembangan snack tradisional," pungkas Emi.


Tekstur dari kuping gajah ini sangat lembut dibandingkan kuping gajah lain yang cenderung lebih keras. Meski lunak, rasa renyah pun masih bisa dirasakan di lidah. Hal ini membuat Bupati Grobogan, Sri Sumarni yang berkesempatan membuka lomba tersebut ikut mencicipi cita rasa kuping gajah ini. Orang nomor satu di Kabupaten Grobogan ini pun memberikan acungan jempol kepada Emi dan Putri beserta guru pendampingnya. ”Rasanya enak,” ungkap Sri Sumarni. (Tya/RE)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel