TK dan Paud Insan Kamil Belajar Memadamkan Api




PURWODADI, Grobogantoday.com – Petugas pemadam kebakaran tak hanya bertugas memadamkan api saat kebakaran saja. Namun juga harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara memadamkan api yang aman.


Dalam edukasi kali ini, Pemadam kebakaran Kabupaten Grobogan memberikan edukasi kepada puluhan siswa TK dan Paud Insan Kamil Desa Kandangan, Kecamatan Purwodadi. Para siswa  mendapat pelajaran dari petugas pemadam kebakaran (damkar) mengenai cara-cara memadamkan api, Sabtu(31/3/2018). Enam petugas damkar bergantian memberikan contoh cara memadamkan api yang dilangsungkan di alun-alun Purwodadi.

Saat petugas Damkar menyalakan api, sebagian siswa tampak bersemangat mengikuti kegiatan yang tidak pernah didapat di bangku sekolah tersebut. Namun ada juga yang terlihat ketakutan. “Para siswa saat antusias sekali menerima pelajaran yang tidak pernah mereka dapat di sekolahnya ini,” tutur Agus, Petugas Damkar.


Selain pelatihan dasar pemadaman api, petugas juga memberikan materi seputar masalah kebakaran. Antara lain, soal penyebab kebakaran yang selama ini sering terjadi. Kemudian, tindakan awal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran juga diberikan pada siswa tersebut.“Kalau di rumah jangan pernah bermain-main dengan api. Karena kelalaian kecil bisa berakibat kebakaran,” pesan Agus kepada para siswa.


Agus menyatakan, sangat senang dengan inisiatif dari pihak sekolah untuk mengenalkan cara-cara memadamkan kebakaran. Dengan  pengenalan sejak dini, diharapkan bisa menjadi bekal berharga di kemudian kelak. “Kalau terjadi musibah kebakaran, paling tidak bisa meminimalisir jumlah korban. Selama ini, sudah banyak yang minta diadakan pelatihan. Terus terang kami sangat mengapresiasi inisiatif dari sekolah ini,” ujarnya.


Agus berharap agar sekolah-sekolah di tingkatan yang lebih tinggi yakni SMP dan SMA bisa mengikuti langkah serupa. “Beberapa perusahan dan instansi juga memanggil kita untuk memeberikan edukasi tentang langkah pemadaman kebakaran,” pungkasnya. 


Ali Rokhim, salah seorang siswa, mengaku senang bisa belajar tata cara memadamkan api. Selain bisa mendapatkan ilmu, ia bisa merasakan menjadi  seorang pemadam kebakaran yang naik mobil pemadam. “Seru banget pokoknya,” ungkapnya. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel