Sekda Grobogan: Penyerahan KTP-el Gratis



PURWODADI,Grobogantoday.com-  Sebanyak 32.910 keping KTP-el dibagikan kepada 280 kades/lurah se-kabupaten di Pendopo Kabupaten Grobogan, Rabu (24/4/2018). Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Grobogan Moh Sumarsono.

Moh Sumarsono mengingatkan kepala desa dan kelurahan yang menerima KTP-el  untuk segera menyalurkannya kepada yang berhak. Ia mengingatkan agar tidak ada pungutan dalam penyalurannya. ”Pokoknya tidak dipungut biaya alias gratis-tis-tis. Jadi jangan sampai ada kades atau lurah yang berani melakukan pungli saat menyerahkan KTP ini pada warganya,” ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Grobogan Moh Susilo menjelaskan, penyerahan ktp tersebut bertujuan agar bisa segera sampai kepada penerima. Warga tak perlu menunggu,  bisa mengambil langsung di kepala desa/kelurahan masing-masing. “Ini merupakan  hasil perekaman beberapa waktu lalu, tanpa pengajuan dari yang bersangkutan. Namun, berdasarkan daftar dari kementrian dalam negeri KTP warga tersebut sudah siap cetak. Untuk pelayanan selanjutnya, kami tinggal melakukan layanan reguler,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini jumlah wajib KTP di Kabupaten Grobogan berjumlah  1.088.517 jiwa. Sedangkan jumlah yang sudah melakukan rekam 1.074.763 atau 98.7 persen dan yang memiliki  KTP 1.051.391 atau 96,59 persen.“Saat ini masih ada sekitar 10 ribu hingga 13 ribu warga wajib KTP yang belum melakukan perekaman. Beberapa diantara data tersebut merupakan warga yang baru mendapatkan hak pilihnya dalam Pilkada 2018,” katanya.

Pihaknya berharap agar masyarakat memanfaatkan waktu untuk melakukan perekaman KTP maupun catatan administrasi kependudukan yang lain di masing-masing kecamatan. Di samping itu, pihaknya juga melakukan pelayanan jemput bola di balaidesa, sekolah, dan ruang publik. “Kita juga datangi sekolah-sekolah untuk perekaman. Difabel juga menjadi sasaran kita, jumlahnya di Grobogan juga cukup tinggi,” pungkasnya. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel