-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Nasi Jagung, Sayur Lompong dan Botok Yuyu, Kuliner Khas Grobogan

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Nasi Jagung, Sayur Lompong dan Botok Yuyu, Kuliner Khas Grobogan


GROBOGAN, Grobogantoday.com - Sebagai salah satu daerah produsen jagung terbesar di Jawa Tengah, membuat kabupaten Grobogan terus berinovasi menciptakan berbagai olahan dari jagung. Di pasaran, banyak kita jumpai berbagai macam olahan, seperti marning, emping hingga dodol berbahan jagung. Dari beberapa olahan tersebut, ada kuliner berbahan jagung yang patut dicoba saat berkunjung ke kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah ini, Nasi jagung dan sayur lompong.

Selama ini, Swike lah yang sudah terkenal sebagai ciri khas kuliner Kabupaten Grobogan. Nasi jagung dan sayur lompong belum begitu familiar. Di era tahun tahun 80an, nasi jagung merupakan salah satu makanan pokok warga Kabupaten Grobogan. Baru di tahun 90an, nasi jagung mulai ditinggalkan, karena terlalu ribet dalam penyajiannya. 

Hal inilah yang dilirik beberapa penjual nasi jagung untuk membuka usaha tersebut. Sehingga saat ini warung nasi jagung cukup menjamur. Di beberapa sudut kota bisa kita temukan beberapa warung yang menyajikan menu andalan nasi jagung dan sayur lompong. 

Menu  sayur lompong yang berbahan dasar  dari batang lompong dipotong kurang lebih 5 sentimeter panjangnya, dimasak dengan bumbu bobor, disajikan dengan “lemi”, yaitu telur yuyu yang dioseng . Selain itu, biasanya penjual juga menawarkan botok yuyu, dibuat dari yuyu sawah atau pinggir kali yang ditumbuk halus dan  diberi bumbu botok kemudian dimasak. 

Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda, ada beberapa penjual yang menyediakan nasi jagung goreng. Rasanya yang berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, membuat penikmat kuliner ini akan merasa ketagihan jika menikmatinya. 

Jika ingin merasakan menu yang satu ini, anda bisa mencobanya di warung Ibu Puji di Alun-alun Purwodadi, warung nasi jagung Mas Imam di Jalan S.Parman Purwodadi(depan hotel kencana), keduanya buka dari sore hingga malam hari. Serta ke Kelurahan Danyang, Kecamatan Purwodadi yang merupakan sentra kuliner nasi Jagung, buka saat pagi hari .(RE) 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post