Mencicipi Pecel Gambringan yang Legendaris



GROBOGAN, Grobogantoday.com - Namanya cukup melegenda. Kuliner yang satu ini populer dari tempat asal kuliner ini, yakni  Stasiun Gambringan di Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh. Biasanya, pedagang menjajakan dagangannya di emperan stasiun dan di atas gerbong kereta api sejak tahun 1940-an. 

Sejak adanya larangan berjualan di atas gerbong kereta api, banyak pedagang yang mengadu nasib berjualan di Purwodadi. Rasa Sego Pecel Grambringan cukup khas, yakni pedas, aroma kacang juga otentik tanpa rasa bawang putih atau daun jeruk. Disuguhkan dengan pincuk daun pisang menambah nikmat saat menyantapnya. Apalagi ditambah lauk peyek, makin nendang. Jika di Purwodadi, anda bisa mencoba sego pecel Gambringan di depan pasar Purwodadi/ sebelah barat pos polisi.

Kekuatan sega pecel Gambringan terletak pada sambalnya yang enak, sedep, dan pedas namun khas, lain daripada yang lain. Tidak terlalu manis, bahkan cenderung asin, namun proporsi asin-manisnya pas. Penggunaan bumbu rempah meliputi kencur, bawang, dan daun jeruk, yang dipadu dengan kacang tanah goreng dan gula merah.


Sayuran yang tak pernah ketinggalan yakni bunga turi dan daun pepaya, dipadu dengan kecambah. Walaupun di daerah lain banyak jenis pecel yang lain, namun menu sego pecel Gambringan memiliki cita rasa yang melegenda yang perlu anda coba. (RE) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel