Sayur Becek, Kuliner Asli Grobogan yang Perlu Anda Cicipi



GROBOGAN, Grobogantoday.com - Sayur Becek, mungkin namanya tak setenar  sweeke, salah satu makanan khas Kabupaten Grobogan. Namun saat ini, kuliner dengan bahan utama dari tulang iga  atau disebut juga balungan,( Balung merupakan kata dalam bahasa jawa yang artinya tulang ) telah dikenal luas oleh pecinta kuliner yang datang ke kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah. 

Sayur Becek dulunya disajikan hanya untuk jamuan makan ditempat orang hajatan seperti perkawinan maupun khitanan, namun terkhusus didaerah pedesaan dan perkampungan.Akan tetapi saat ini menu Sayur Becek sudah banyak kita temui di beberapa rumah makan.

Seperti halnya Daniyanto(40), pemilik warung makan di jalan Purwodadi-Blora ini mencoba memperkenalkan Grobogan lewat kulinernya. Memulai usahanya di kampung, di awal tahun 2011. Usaha kulinernya kian ramai dikunjungi orang. Melihat prospek yang cukup cerah dengan sayur becek, ia memindahkan usahanya di pusat kota Purwodadi, sebelum akhirnya pindah di warungnya saat ini.

Tulang iga yang masih terdapat daging yang menempel, yang dimasak sayur dengan bumbu rempah-rempah dan ditambah dengan daun kedondong.Cara memasaknya pun mudah, tidak ada resep khusus untuk membuatnya. Hanya saja dalam penyajiaanya haruslah dalam keadaan panas, serta biasanya ditambahkan dengan kacang tolo dan irisan cabai hijau yang ditumis setengah matang.


Yang menjadikan cita rasa yang khas dari sayur becek ini sebenarnya dari tulang iga  tersebut.Apabila bahan utama tulang iga  tersebut diganti dengan daging murni, tanpa adanya tulang iga atau daging dan tulang yang masih menjadi satu, dijamin tidak akan dijumpai cita rasa khas yang akan membuat kita menjadi ketagihan. 

Pokoknya jangan sampai gak mencoba menu sayur becek saat berkunjung ke Kabupaten Grobogan. Silakan mencoba. (RE) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel