Ciptakan Aplikasi Pintar, Pendaftaran & Perijinan Dinkes Grobogan Tak Butuh Waktu Lama



PURWODADI,Grobogantoday.com- Terobosan baru dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan. Jika selama ini permintaan untuk menjadi peserta JKN(Jaminan Kesehatan Nasional) warga tidak mampu menjadi peserta BPJS(Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) harus dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang lama, kini Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan menciptakan sebuah aplikasi pintar untuk pendaftaran online yang  tidak menyita waktu lama untuk mendaftarnya. Demikian diungkapkan Lely Atasti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan kepada Grobogantoday.com.

“Untuk mewujudkan nawacita kelima, dicanangkanlah program Indonesia sehat. Untuk memberikan pelayanan yang optimal maka perlu sebuah kebijakan. Dalam meningkatkan mutu layanan, maka kita membuat inovasi pendaftaran secara online. Warga tidak mampu untuk  menjadi peserta BPJS yang selama ini dilayani secara manual, nantinya akan dilayani secara online,” jelasnya.

Menurut Lely, untuk mempermudah program tersebut  perlu kerja sama dengan TKSK(Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan). “Jika ada warga tak mampu dan memenuhi peryaratan bisa dimasukkan Program Penerima Bantuan Tunai dan  BPJS.Usulan bisa melalui TKSK. Hanya butuh waktu beberapa jam saja, tak harus muter-muter untuk memenuhi persyaratan,” ujarnya.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung perijinan pelayanan satu pintu di bidang kesehatan, seperti praktek dokter, klinik, dan lain-lain. “Proses ijin kesehatan yang selama ini ribet dan membutuhkan waktu yang lama, dengan aplikasi ini bisa  mempersingkat waktu,” ungkapnya.

Muhammad Abdul Rauf , Kabid Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Grobogan sekaligus penggagas aplikasi menjelaskan, bahwa aplikasi tersebut bisa memangkas waktu pendaftaran dan pengurusan ijin di bidang kesehatan. “Jika persyaratan lengkap cukup upload saja. Jadi tidak memakan waktu lama. Bayangkan saja jika jarak jauh, harus mondar-mandir, mengeluarkan waktu lebih banyak dan biaya yang banyak pula. Namun dengan aplikasi ini, cukup menggandeng TKSK sehari sudah jadi,” terangnya. (PJ)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel