Paska Anjlok, Jalur Sedadi-Karangjati Akan Normal Kembali Besok



PENAWANGAN, Grobogantoday.com- Walaupun harus dengan kecepatan terbatas, yakni 10 kilometer per jam, namun rel yang rusak akibat  musibah anjloknya KA 2709 (KA Barang muatan Semen) Senin (24/9) sudah bisa dilewati.  Demikian diungkapkan Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Suprapto usai meninjau lokasi  anjloknya gerbong kereta api di Desa Karangwader, Penawangan, Grobogan, Selasa(25/9/2018) .

“Paska anjloknya KA 2709, perjalanan kereta api yang melintas hanya menggunakan satu jalur saja. Terhitung tadi pagi, (red: Selasa(25/9/2018)) jam 04.00 WIB, kedua jalurnya (double track) sudah bisa dilalui oleh kereta api. Besok pagi( red: Rabu) semua jalur sudah bisa dilalui secara normal,” jelasnya.

Suprapto menjelaskan, semua perjalanan kereta api yang melintasi jalur tersebut, yakni sebanyak 48 perjalanan KA  tidak mengalami gangguan.  “Sebanyak  20 perjalanan KA Penumpang dan 28 perjalanan KA barang masih tetap bisa melalui jalur rel antara Stasiun Sedadi - Stasiun Karangjati, dengan pola operasi jalur tunggal sementara. Jadi tidak ada pengalihan rute atau antrian akibat kejadian ini,” ungkapnya.

Adapun gerbong yang mengalami musibah, menurut Suprapto, setelah berhasil dievakuasi, selanjutnya ditarik ke Stasiun Karangjati guna perbaikan lebih lanjut.   Saat ini pihaknya fokus untuk pengembalian jalur agar bisa dilewati dengan kecepatan normal, yakni  95 km/jam. “Lima gerbong  berhasil kita bawa ke Karangjati sekitar jam 2 dini hari. Sedangkan  sisanya akan dievakuasi  setelah  rel normal kembali. Kita libatkan  sebanyak 75 pekerja untuk memperbaiki lintasan yang rusak sepanjang  200 meter,” katanya.

Dari pantauan di lapangan, terlihat sejumlah pekerja sedang menurunkan bantalan rel dan selanjutnya mengganti  bantalan rel  yang mengalami kerusakan akibat kejadian ini. Sampai saat ini pihak KAI belum bisa memastikan penyebab anjloknya gerbong kereta barang tersebut. “Kita masih menunggu hasil dari tim investigasi untuk menentukan penyebabnya,” pungkas Suprapto. (pj)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel