yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Gapura Batas Kota dan Tugu Adipura Akan Dibangun, Ini Penampakannya

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Gapura Batas Kota dan Tugu Adipura Akan Dibangun, Ini Penampakannya



PURWODADI,Grobogantoday.com-  Gapura pintu masuk Kota Purwodadi akan dibangun tahun 2019 ini.  Letaknya berada di Jalan Purwodadi-Semarang, tepatnya di Desa Putat, Kecamatan Purwodadi. Demikian diungkapkan Tri Retno Indriati, Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan kepada Grobogantoday.com, Selasa(23/4/2019).

“Letaknya di Desa Putat, menempati tanah GG. Untuk lokasi pastinya masih kita clearkan dulu bersama dinas terkait dan pemerintah desa setempat,” ujarnya.


Menurut Indri, desain gapura pintu masuk Kota Purwodadi saat ini sudah disetujui. Saat ini pihaknya tinggal menunggu RAB, untuk selanjutnya  masuk ke tahap lelang. “Besarnya anggaran pembangunan gapura ini yakni Rp 4,857 Milyar. Berasal dari APBD  Kabupaten Grobogan,” terangnya.

Mengenai desain, lanjut Indri, pihaknya mengedepankan kearifan lokal Kabupaten Grobogan. Mulai dari api abadi mrapen hingga petir dimunculkan dalam bangunan ini. Gunungan yang berada di sisi kiri dan kanan juga berisi hasil bumi yang menjadi andalan Kabupaten Grobogan, yakni padi, jagung dan kedelai.  “Lengkung tengah berisi tulisan selamat datang Kota ,” ungkapnya.


Pembangunan juga dilakukan di tugu adipura serta taman Nglejok. Pengerjaannya satu paket dengan pembangunan gapura batas kota. “Untuk tugu adipura, bentuk hitech divisualisasikan dengan menggambarkan portal pipa dengan bentuk regel yang konstruktif. Bentuk tradisi divisualisasikan dengan menggambarkan ukiran bentuk tumbuhan pada pemukaan portal,” jelasnya.

Untuk menambah keasrian di sepanjang jalan sekitar tugu adipura akan ditanami pohon tabebuya khas Indonesia yang memiliki bunga seperti bunga sakura. (RE)



Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post