Iklan Billboard 970x250

Lomba Klotekan Semarakkan Ramadhan di Desa Tunggulrejo

Lomba Klotekan Semarakkan Ramadhan di Desa Tunggulrejo


GABUS, Grobogantoday.com-Banyak ragam cara dilaksanakan masyarakat untuk menyemarakkan bulan suci ramadhan. Berbagai tradisi tahunan kerap dilaksanakan pada bulan suci ini. Salah satunya yakni klotekan atau musik yang digunakan untuk membangunkan sahur yang diselenggarakan warga Desa Tunggulrejo,Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Senin(3/6/2019) malam  di lapangan desa setempat. 


Lomba musik pembangun sahur diikuti oleh 8 grup, yakni  5 grup putra dan 3 grup putri. Lomba seperti ini rutin dilaksanakan mulai 2012 hingga tahun ini. "Alhamdulillah setiap tahun  dilaksanakan, setiap akhir bulan ramadhan, " jelas Khozin, panitia penyelenggara. 

Para peserta memainkan musik dengan penuh semangat. Selain itu mereka juga bernyayi sholawat dan berbagai lagu dengan iringan musik. Beberapa alat musik yang digunakan memang tidak lazim, seperti tong, pipa paralon hingga stang sepeda dan gir rantai. Bahkan rantang tempat makan tak luput menjadi alat musik.


Penilaian lomba sendiri terdiri dari kekompakan kostum, kreatifitas alat, keindahan musik, improvisasi musik dan ekspresi.Pemenang akan mendapatkan piala dan uang pembinaan.


Kades Tunggulrejo, Mustaghfirin  menyampaikan, lomba ini diselenggarakan dalam rangka melestarikan kebudayaan di bulan ramadhan. Di samping itu, juga mengajak anak muda untuk berkreativitas musik. "Semoga ke depan budaya ini terus dipertahankan oleh anak muda di Tunggulrejo," tuturnya.


Mustaghfirin menambahkan, lomba diharapkan menjaga anak muda agar tidak terjebak dalam perkembangan teknologi. Anak muda khususnya remaja muslim memiliki rasa cinta akan ibadah dan kebudayaannya. "Harapannya anak muda ini memiliki kemandirian dan akhlak yang mulia," ucapnya.(RE)
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post