-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
DLH Grobogan Buka Jasa Sedot WC

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

DLH Grobogan Buka Jasa Sedot WC


GROBOGANTODAY  - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Grobogan mengimbau warga  untuk menggunakan jasa penyedotan septik tank lumpur tinja melalui DLH Kabupaten Grobogan. Hal ini bertujuan agar lumpur tinja yang disedot itu dapat terbuang di tempatnya sehingga aman bagi lingkungan. Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan, Tri Retno Indriati saat ditemui di ruang kerjanya, Senin(18/1/2021).


"Masyarakat belum paham pentingnya penyedotan tinja secara berkala. Satu meter kubik bis beton resapan yang baik  harus disedot 2-3 tahun sekali. Dampak lingkungan yang bisa terjadi yakni air tercemar ecoli, penyebab diare," katanya. 


Ia mengatakan, penyedotan lumpur tinja melalui DLH  juga turut dapat mendongkrak PAD dari retribusi penyedotan kakus/WC ini.


Oleh karena itu, dia mengimbau kepada pimpinan pelaku usaha, kegiatan permukiman, rumah makan, perkantoran, perniagaan, apartemen, rumah kos dan masyarakat agar dapat menggunakan jasa DLH Grobogan untuk penyedotan lumpur tinjanya.


Indri menjelaskan, DLH Kabupaten Grobogan memiliki IPLT di Desa Ngembak, Kecamatan Purwodadi. “Jadi lumpur tinja yang disedot itu dibuang di IPLT ini sehingga aman dan tidak mencemari lingkungan,” jelasnya.


Untuk retribusinya, tarif penyedotan lumpur tinja yakni sebesar Rp 220 ribu untuk wilayah kota, yakni sekitar Kalongan, Danyang, Purwodadi dan Kuripan. 


“Apabila jarak tempat penyedotan di luar kota,  maka ada penambahan biaya sebesar Rp 1000 per km PP,” tuturnya


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post