-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Tradisi Suro : Warga Segorogunung Adakan Doa Bersama di Makam Leluhur

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Tradisi Suro : Warga Segorogunung Adakan Doa Bersama di Makam Leluhur

Warga Dusun Segorogunung mengadakan acara
selamatan di makam leluhur.

 

GROBOGANTODAY - Di beberapa wilayah di Kabupaten Grobogan, bulan suro menjadi ajang syukuran untuk menggelar selamatan kampung. Seperti halnya di Dusun Segorogunung, Desa Nglinduk, Kecamatan Gabus, Jumat(13/8/2021) pagi. Puluhan warga berkumpul di makam leluhur setempat, untuk selanjutnya diadakan doa bersama.


Puluhan warga Dusun Segorogunung, baik pria maupun wanita berbondong-bondong menuju sebuah kompleks makam kuno di tengah hutan jati.  Menurut Susilo, Kadus Segorogunung, acara selamatan tersebut rutin dilaksanakan tiap tahun di bulan Muharam atau bulan syura dalam kalender Jawa. Dimaksudkan, agar tahun baru ini warga di kampungnya diberikan berkah dan keselamatan oleh Allah SWT. 


Ia menambahkan, selamatan kampung ini juga sekaligus sebagai media silaturahim untuk menjaga kerukunan antar warga kampung. Tasyakuran ditutup dengan membaca tahlil dan doa bersama yang dipimpin ulama setempat. Kemudian warga menyantap makanan- makanan yang sudah dibawa oleh masyarakat. Mereka bercampur rnenikmati hidangan tersebut. 


” Ini wujud rasa syukur kami setelah satu tahun, diberikan kesehatan dan bertemu kembali dengan tahun baru islam. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir,” pungkasnya.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post