-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Anggota Saka Wanabakti Dikenalkan dengan Kawasan Hutan

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Anggota Saka Wanabakti Dikenalkan dengan Kawasan Hutan

Seorang instruktur memberikan materi kepada anggota Saka Wanabakti.

GROBOGANTODAY - Sebanyak 18 anggota Pramuka Penegak dari berbagai Gugus Depan di Kwartir Ranting Wirosari dan Purwodadi dilantik menjadi anggota Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi. Pelantikan berlangsung di Petak 61 Resot Pemangkuan Hutan (RPH) Pekuwon Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bandung Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi, Minggu ( 26/9/2021).


Pelantikan anggota baru ini dilantik oleh Kak Bambang Riyantono, Pimpinan Saka Wanabakti Kwarcab Grobogan dengan dihadiri para pimpinan, pamong, instruktur, dan Dewan Saka Wanabakti.


Sebelum dilakukan pengukuhan, para calon anggota Saka Wanabakti tersebut diwajibkan untuk mengikuti  Giri Wana Rally (GWR), dimana dalam kegiatan GWR tersebut para  anggota Pramuka Penegak dikenalkan dengan berbagai hal yang menyangkut tentang kehutanan. 


Dengan dipandu oleh para instruktur Saka Wanabakti, para peseta dikenalkan dengan materi yang ada di Krida Tata Wana yaitu tentang jenis-jenis pal yang ada di dalam kawasan hutan, diantaranya adalah pal batas kawasan hutan dengan tanah milik, pal petak,  pal alur, pal mata air dan beberapa pal lainya.


Dengan mengelilingi beberapa petak kawasan hutan RPH Pekuwon, para peserta kegiatan pelantikan juga diajak berpatroli pengamanan hutan yang masuk dalam Krida Reksa Wana, dijelaskan tentang pencegahan gangguan hutan dengan cara preemtif, preventif, dan persuasif. 


Untuk Krida Bina Wana, di petak 59 RPH Pekuwon, para peserta berkewajiban setiap satu orang untuk  melaksanakan penanaman pengkayaan satu pohon di Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) Mata Air Sendang Pancur dari bibit yang disemai sebelumnya yang terdiri bibit pohon asem, juwet, dan srikaya.


Usai  melaksanakan penanaman, para peserta dikenalkan dengan teknik pembuatan persemaian dengan dipandu oleh Kak Sutiman, Instrtuktur Saka Wanabakti.


Dijelaskan oleh Kak Dian Rakhmawati, Administratur Perum Perhutani KPH Purwodadi selaku Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Wanabakti Kwarcab Grobogan bahwa di Satuan Karya Wanabakti terdapat empat krida melupti Tata Wana, Guna Wana, Reksa Wana dan Bina Wana, yang didalamnya terdapat ketrampilan kehutanan yang dijabarkan dalam 29 Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Saka Wanabakti.


" Dengan dikenalkannya adik-adik tentang materi kehutanan diharapkan semangat berlatih semakin meningkat dan rasa cinta terhadap lingkungan akan semakin tumbuh. Pramuka Saka Wanabakti dilatih untuk mempunyai ketrampilan sebagaimana yang ada di dalam masing-masing krida dan menumbuhkembangkan rasa kepedulian terhadap cinta hutan dan lingkungan," ungkapnya.


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post