-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Mahasiswa Ini Manfaatkan M4 & Tetes Tebu untuk Sanitasi Kandang

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Mahasiswa Ini Manfaatkan M4 & Tetes Tebu untuk Sanitasi Kandang

Ahmad Roziqin saat menyemprotkan M4 dan tetes tebu.

GROBOGANTODAY -  Kebersihan kandang sapi yang kurang diperhatikan menyebabkan bau yang tidak sedap dan mengundang banyak lalat. Hal inilah yang menggugah mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo Ahmad Roziqin untuk berbuat sesuatu untuk warga sekitarnya,yakni  Dusun Ketanggan, RT 01 RW 07, Desa Katong, Kecamatan Toroh.


" Banyaknya warga yang sibuk dengan pekerjaan, sehingga tidak memperhatikan kebersihan kandang dan menyebabkan peningkatan volume kotoran. Sehingga menyebabkan bau dan mengundang  lalat," ungkapnya.


Menurutnya, banyaknya lalat dapat menyebabkan nafsu makan ternak sapi berkurang dan menyebabkan berbagai macam penyakit. 


Dengan bekal ilmu yang ia peroleh, Ahmad Rozikin berusaha  membantu  warga yang memiliki ternak sapi dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi. 


" Hasil konsultasi saya dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Ir. Sri Sukaryani, M.Si. menghasilkan penyuluhan dan praktek pembuatan cairan untuk sanitasi kandang menggunakan M4 dan tetes tebu. Insyaallah bisa mengurangi bau yang dihasilkan dari kotoran ternak sapi tersebut," ujarnya.


Ia berharap, dengan terobosannya tersebut, warga di sekitarnya bisa terbantu.


" Semoga  ilmu yang saya dapat ketika kuliah dan kehadiran saya dalam rangka KKN disini dapat membantu warga dalam menjaga kebersihan kandang  ternaknya.  Sapi akan nyaman di dalam kandang dan pasti akan meningkat napsu makannya.” imbuhnya.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post