-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Terjun ke Sawah, Bupati Grobogan Ikut Gropyokan Tikus Bersama Petani

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Terjun ke Sawah, Bupati Grobogan Ikut Gropyokan Tikus Bersama Petani

Bupati Grobogan,Sri Sumarni tunjukkan tikus hasil buruannya 

GROBOGANTODAY - Menjelang musim tanam, hama tikus menyerang lahan pertanian di sejumlah wilayah di Kabupaten Grobogan. Kondisi tersebut membuat petani intensif menggelar gropyokan tikus. Seperti yang dilakukan petani di Desa Pulorejo dan Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi yang menggelar gropyokan bareng Bupati dan Wakil Bupati Grobogan, Senin (27/9/2021).


Saat gropyokan tersebut, Sri Sumarni bersama Wabup Bambang Pujiyanto memegang emposan tikus.  Yakni alat khusus berupa fumigator untuk meniupkan racun pernafasan ke lubang persembunyian. Fumigan atau bahan yang digunakan untuk menghasilkan asap racun adalah serbuk belerang.  Gropyokan tersebut dilakukan serentak bersama petani di wilayah tersebut. Meski diawal sempat takut ketika melihat tikus keluar, Bupati pun akhirnya tak segan memegang tikus yang sudah mati lemas dari dalam lubang persembunyiannya.


Dalam kegiatan itu, ratusan tikus berhasil ditangkap. Bupati meminta petani intensif melakukan gropyokan agar hama pengerat tersebut bisa diberantas. 


“Gropyokan tikus ini cukup efektif menekan serangan hama tikus. Jangan pakai jebakan listrik karena berbahaya, mendingan gropyokan seperti ini,” ujarnya.


Plt Kepala  Dinas Pertanian Grobogan, Sunanto menyampaikan, memasuki musim hujan seperti saat ini terjadi peningkatan serangan hama tikus. Menurutnya, saat ini populasi tikus naik dua kali lipat dari biasanya. Dibutuhkan kekompakan petani untuk melakukan gropyokan tikus agar hama tersebut bisa diminimalisir.


Menurutnya, gropyokan secara serentak cukup efektif untuk mengurangi populasi tikus. Gropyokan serupa akan terus diintensifkan agar hasil panen bisa maksimal. Terlebih lagi, populasi tikus cepat bertambah di musim hujan seperti saat ini.


" Ini kita lombakan. Nanti kelompok tani yang berhasil mendapatkan tikus terbanyak akan memperoleh hadiah uang tunai dan alat pertanian," ungkapnya.


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post