yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Pemuda Asal Grobogan Daftar Haji dengan Uang Receh Hasil Nabung Selama 10 Tahun

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Pemuda Asal Grobogan Daftar Haji dengan Uang Receh Hasil Nabung Selama 10 Tahun


PURWODADI, Grobogantoday.com- Kisah ini sangat inspiratif dan bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua. Ahmad Syukron Ali(22), warga  Dusun Nglejok, Desa Pelem, Kecamatan Gabus, Kabupatrn Grobogan ,Jawa Tengah mendaftar haji menggunakan uang logam receh dalam jumlah cukup banyak. Uang tersebut merupakan hasil menabungnya sejak duduk di bangku MTs. 

"Kurang lebih saya mengumpulkannya selama 10 tahun. Alhamdulillah hari ini bisa saya pergunakan untuk mendaftar haji," ujarnya di sela-sela mendaftar haji di  kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Grobogan, Kamis (26/12/2019). 


Sontak  kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Grobogan menjadi gempar. Pegawai dan warga yang berada di kantor tersebut dibuat penasaran dengan kejadian langka ini.


Ahmad menjelaskan, ia mulai menabung uang untuk berhaji sejak duduk di bangku MTs dan berlanjut saat memuntut ilmu  di Pondok Desa Kemadu, Kecamatan Sulang, Rembang. Uang pecahan Rp 1.000 sisa uang saku dan hasil jualan pulsa ia masukkan ke dalam botol plastik air mineral ukuran 1,5 liter.


“Kalau ada uang sisa saja nabungnya. Jadi gak tiap hari,” kata anak pertama dari dua bersaudara putra pasangan Asrukin (49) dan Sriyatun (42) itu.

Sebelum pulang kampung, pria kelahiran 7 Maret 1997 itu sudah sempat menukarkan sebagian besar uang koin hasil celengannya menjadi uang kertas pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. Totalnya, ada Rp 19,5 juta. 

"Sisanya masih 6 botol. Jumlahnya sekitar Rp 6 juta. Sepekan lalu, saya pulang kampung karena sedang libur. Kemudian, pada hari ini, saya mengajak orang tua dan adik untuk menemani mendaftar haji di kantor Kemenag Grobogan," katanya.

Sekitar 4 jam, petugas pendaftaran baru selesai  menghitung uang koin tersebut. Akhirnya  Ahmad Syukron Ali(22) mengikuti jejak orang tuanya yang telah mendaftar haji bulan September lalu.

“Saya sempat kaget. Alhamdulillah, anak saya bisa daftar haji hasil dari nabung dalam waktu cukup lama,” kata Asrukin.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Grobogan Hidayat Maskur mengapresiasi apa yang dilakukan  Ahmad Syukron Ali(22) tersebut. "Semoga bisa menginspirasi generasi muda saat ini. Dengan usaha dan doa, insyaallah bisa terkabul," ujarnya. (RE)

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post