Bencana Mengintai,Pramuka Kwarcab Grobogan Siapkan UBALOKA


GROBOGAN - Bencana alam yang terus mengintai Kabupaten Grobogan akhir-akhir ini,membuat Kwarcab Grobogan membuat langkah serius dengan mengadakan Gladi Tangguh Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA).

Kakwarcab Grobogan ,Icek Baskoro menyampaikan bahwa dengan diadakannya gladi tangguh ,diharapkan Pramuka bisa eksis dalam penanganan bencana."Setidaknya,ketika saudara kita mengalami musibah bencana ,Pramuka bisa membantu para korban.Dan mereka sudah memiliki bekal yang cukup untuk turun ke lapangan," jelasnya.

Sebanyak 53 orang Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega utusan Gugusdepan SMA/SMK/MA, Satuan Karya dan DKR se Kwartir Cabang 11 15 Grobogan mengikuti gladi tangguh ini.Mereka sebelumnya telah mengikuti Pra Gladi Tangguh yang digelar  bulan Oktober yang lalu.

Selama gladi tangguh mereka akan mendapatkan materi tentang Pertolongan Pertama, dapur umum dari PMI Grobogan, pendirian tenda pengungsi, Sar Air dari BPBD Grobogan. Survival, navigasi darat dari Kodim 0717 Purwodadi serta komunikasi SAR dari ORARI Grobogan.

Kegiatan Gladi Tangguh UBALOKA dibuka di halaman Perhutani KPH Purwodadi ,Rabu(9/11/2016). Selanjutnya setelah mengikuti materi Pertolongan Pertama dari PMI di markas PMI, peserta akan melakukan long march menuju Bumi Perkemahan Kalacakra Waduk Sanggeh ,Desa Tambirejo,Kecamatan Toroh .Di tempat inilah  pemusatan Gladi Tangguh yang akan berakhir tanggal 13 November 2016.

Kwarcab menambahkan dengan kegiatan tersebut diharapkan,Pramuka secara sukarela membantu secara siap, cepat dan tanggap." Oleh karena itu mereka  harus dibekali dengan ketrampilan terlebih dahulu," pungkasnya.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel