Pelepasan 10 Purnawirawan Berlangsung Meriah


PURWODADI - Usai upacara Hari Pahlawan ke 71 di Mapolres Grobogan Kamis (10/11) diadakan pelepasan para Purnawirawan yang telah Purna Bhakti.Sebanyak 10 personil Polres Grobogan periode Juli 2016 mengikuti upacara Pelepasan Purna Bhakti, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Grobogan AKPB AGusman Gurning SIK MH. Dalam Pelepasan ini hadir pula para pejabat utama, Kapolsek ,Personil Polres Grobogan serta  ketua Bhayangkari Cab. Grobogan.

Sebelum Acara Pelepasan, Kapolres mengalungkan bunga kepada para purnawirawan sekaligus menyerahkan Cinderamata dan Piagam penghargaan kepada 10 Peserta Purna Bhakti.

Diantara ke 10 Personil yang mengakhiri masa pengabdiannya ini adalah Kompol Purn. Jenda Pulung yang sebelumnya menjabat Kabag Ops dan AKP Budi Jatmiko sebelumnya menjabat sebagai Kasubag Humas Polres Grobogan.

Di usia yang telah lanjut para peserta Acara Pelepasan masih tetap semangat mengikuti acara, sikap dan naluri kebhayangkaraannya mereka masih tetap tertanam kokoh dalam sanubari, dengan tetap melewati semua prosesi dengan khidmat dan senyum haru dan kebanggaan di wajahnya

Ke 10 Personil tersebut dilepas langsung oleh Kapolres Grobogan yang didampingi oleh Ketua Bhayangkari Cabang Grobogan serta Para Pejabat utama, dan Personil Polres Grobogan serta Jajaran melalui Tradisi “Melintasi Gerbang Pora”. Tradisi ini merupakan ide dan pemikiran dari Kapolres Grobogan yang dimana ini adalah tradisi yang pertama kali diselenggarakan di Polres Grobogan, Para Perwira utama dan personil mengantar para Purna Bhakti melewati Gerbang Pora dimana di gerbang tersebut telah menanti para Perwira menggunakan pedang Pora untuk membentuk suatu gerbang dengan pedang terhunus mengikuti alur pergerakan barisan yang melintasinya, kemudian dilalui oleh Rombongan Personil Purna Bhakti dan yang mengantar mereka menuju Mobil yang telah disiapkan.

Alunan musik dan puisi menambah haru suasana pelepasan para personil purna bhakti ini ditambah tangis para Istri Purna Bhakti sesaat setelah melintasi gerbang dan bersalaman dengan Kapolres Grobogan.

"Tradisi  Pelepasan yang diselenggarakan ini merupakan wujud rasa terima kasih kami, penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa dan pengabdian selama bertugas di Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kami tetap berharap agar kiranya kedepan para purnawirawan dapat menjadi mitra polri yang berada di tengah-tengah masyarakat, serta tetap memberikan sumbangsih pemikirannya terhadap pelaksanaan tugas-tugas kepolisian,’’ Pungkas Kapolres Grobogan, selesai upacara tradisi purna bhakti ini.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel