Wow,Sendang di Grobogan Ini Wangi Baunya


NGARINGAN- Mungkin nama sendang wangi belum banyak dikenal masyarakat luas. Kolam dengan ukuran 5 x 2 meter ini memiliki air yang mengandung belerang. Sendang Wangi ini terletak di kawasan hutan milik Perhutani di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan,Jawa Tengah.

Pemberian nama sendang wangi,konon  karena sendang yang berair jernih ini menebarkan bau wangi hingga radius ratusan meter. Hal ini disebabkan karena kandungan belerang di dalam air tersebut. Sendang Wangi yang dalamnya sekitar 2 meter ini memiliki air sangat jernih dan kebiru-biruan. “Bau wanginya bisa sampai di kampung di saat-saat tertentu. Padahal jarak desa dengan sendang lumayan jauh. Airnya pun jernih sekali, dasar sendang sedalam 2 meterpun kelihatan  dari atas sendang,” jelas Siti,salah satu warga Sumberagung.

Jernihnya air dan aroma wangi yang ditebarkan membuat daya tarik tersendiri bagi para pecinta wisata alam. Warna air yang kebiru-biruan membuat mata yang melihat betah memandang. Rimbunnya pohon disekitar sendang wangi, menambah sejuk suasana sehingga membuat pengunjung bentah berlama-lama di tempat ini. “Kadang masih ada kera yang berkeliaran disini. Biasanya mereka bergelantungan di pohon-pohon besar itu,” tutur Siti.

Air Sendang Wangi yang mengandung belerang ini dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Banyak pengunjung yang jauh-jauh datang, sengaja untuk mengobati penyakit kulit yang dideritanya. Seperti penuturan Sinta(18) pengunjung asal purwodadi yang khusus datang ke Sendang Wangi karena ingin mengantar ibunya yang ingin sembuh dari penyakit kulit.”Katanya bisa nyembuhin penyakit kulit. Jadi berusaha saja, kali aja sembuh,” ucapnya.

Sayangnya, potensi yang ada pada Sendang Wangi ini belum terkelola dengan baik. Sendang Wangi seperti dibiarkan begitu saja. Belum ada pihak-pihak terkait yang tertarik mengelola secara khusus untuk dijadikan obyek wisata. Jalan menuju ke Sendang Wangi juga masih belum memadai. Padahal jika dikembangkan Sendang Wangi yang air belerangnya tidak pernah habis ini punya potensi yang besar untuk menjadi tujuan wisata lokal dan mengangkat perekonomian warga sekitar.”Sampai saat ini,paling anak-anak Pramuka yang sering kemah disini. Pengunjung yang datang kesini saja masih digratiskan,” jelas H.Rusno, Kades Sumber Agung.


Rusno berharap, sendang wangi kedepannya bisa menjadi salah satu obyek wisata yang diandalkan di Kabupaten Grobogan. “Insyaallah kami akan mengelolanya agar bisa menambah pendapatan warga,” tuturnya.(iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel