Warga Desa Karanganyar Rindukan Jalan Mulus


GROBOGAN– Memiliki jalan yang mulus merupakan idaman semua warga. Namun warga Desa Karanganyar, kecamatan Geyer , Kabupaten Grobogan selama puluhan tahun harus melewati jalan yang berlumpur dan berbatu jika hendak pergi ke kota Kecamatan maupun Kabupaten.

Jalan  yang melintasi desa ini merupakan jalan alternatif jika hendak pergi ke Kabupaten Sragen. Warga Desa Karanganyar lebih memilih ke Sragen jika hendak berbelanja kebutuhan sehari-hari karena akses jalan yang cukup dekat. “Warga sini kalau belanja kebutuhan pokok seringnya ke Sragen, jaraknya lebih dekat jika di bandingkan harus ke Purwodadi,” jelas Saiful hidayat, warga Desa Karanganyar.

Musim hujan seperti sekarang ini paling memilukan. Bagaimana tidak, kendaraan harus bergelut dengan lumpur jika melintas. Anak-anak sekolah harus melepaskan sepatunya jika tidak ingin sepatunya kotor oleh lumpur. “Kasihan anak-anak, kalau ke sekolah harus melepas sepatu mereka dan memakainya kembali setibanya di sekolah,” jelas Saiful yang juga seorang guru ini.

Saiful menambahkan, rusaknya jalan di desanya sudah berlangsung puluhan tahun. Tidak ada perbaikan berarti yang dilakukan, sekedar memberi batu pada sisi jalan yang becek. “Dari tahun 90an belum pernah aku lihat jalan mulus. Padahal kita juga aktif membayar pajak, kok ada diskriminasi,” keluhnya.

Ungkapan senada diungkapkan Mas-in, Kepala Desa Karanganyar, setiap tahun pihaknya telah mengajukannya ke Musrembang Kecamatan Geyer. “Selama saya menjabat selama 2 periode, setiap musrembangcam selalu saya usulkan. Namun nyatanya sampai sekarang belum pernah ada realisasinya,” ungkapnya.

Karena adanya aturan tidak boleh menggunakan dana desa untuk perbaikan jalan kabupaten, pihak desa tidak berani melakukan perbaikan jalan tersebut. “Kami ingin jalan di desa kami bagus semua, tapi lagi-lagi aturan yang membuat kita tidak bisa memakai dana desa. Padahal dengan jalan yang bagus bisa meningkatkan roda perekonomian,” jelas Mas-in.

Mas-in menambahkan, pihaknya telah beberapa kali mengajukan proposal untuk perbaikan jalan di desaya. Bahkan dia pernah membuat video tentang kondisi jalan dan disampaikan kepada Bupati. “Waktu itu videonya sudah aku berikan kepada pak Bambang,” terangnya.

Warga berharap jalan di Desa Karanganyar yang menghubungkan Kecamatan Pulokulon, Kecamatan Geyer dengan Kabupaten Sragen segera diperbaiki.(IYA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel