Pesta Siaga Ajang Tingkatkan Kreativitas



GROBOGAN -Terpancar wajah keceriaan pada mereka, tampak dengan sungguh-sungguh anak-anak  menjalankan tugas yang diberikan oleh ayahanda dan ibundanya pada setiap kedai (pos) yang mereka lewati, sesekali pemandangan yang lucu dan menggemaskan terlihat dari aksi yang mereka lakukan. Pemandangan tersebut terlihat pertemuan anggota Pramuka Siaga (umur 7-10 tahun) yang dikemas dalam kegiatan Pesta Siaga oleh Kwartir Ranting Gabus.

Sebanyak 14 barung putra dan 14 barung putri terbaik dari masing-masing desa di wilayah Kecamatan Gabus mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 31 Januari 2017 di Halaman Sanggar Bakti Kwartir Ranting Gabus.  

Camat Gabus,  Anwar Udin Hamid selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Gerakan Pramuka Gabus menyampaikan bahwa kegiatan Pesta Siaga yang digelar setiap tahun bagi anak-anak Pramuka Siaga  ini adalah untuk menjadikan mereka menjadi generasi yang berkualitas. “Kegiatan yang digelar dengan penuh keceriaan dan gembira ini menjadikan mereka saling membantu, semangat kerja keras dan kreatif, sehingga timbul rasa persatuan dan kesatuan, sehingga karakter yang positif akan muncul pada peserta didik” tutur Kamabiran Gabus ini pada saat membuka kegiatan Pesta Siaga.

Sementara itu oleh Panitia Penyelenggara Pesta Siaga,  Sri Hartini yang juga Pengurus Kwartir Ranting Gabus bahwa penyelenggaraan kegiatan ini adalah sarana membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antar sesamaPramuka Siaga. “Penyelenggaraan ini berfungsi untuk memberikan variasi latihan berkala dari perindukan masing-masinguntuk saling tukar menukar pengalaman, pengetahuan dan kecakapan antar sesama Pramuka Siaga dan membina hubungan baik antara Gerakan Pramuka dengan masyarakat dan tentunya kegiatan ini diselenggarakan sesuai dengan perkembangan jasmani dan rohani Pramuka Siaga,” tuturnya.

Ditambahkan oleh Hartini, untuk menunjukkan kemampuan pengetahuan dan ketrampilannya masing-masing barung peserta Pesta Siaga melewati  beberapa kedai  (pos)  yang terdiri dari materi keagamaan, toleransi beragama, yel barung, kepribadian, pengetahuan umum dan kepramukaan, kecerdasan dan ingatan, narator kecil, parade geguritan, bermain peran, gerak lagu, simpul dan ikatan, kompas, permainan tradisional soda manda, kereta bola dan kegiatan bumbung kemanusiaan.

Barung Biru Putra dari SDN 1 Karangrejo berhasil menjadi juara satu Pesta Siaga Kwartir Ranting Gabus, disusul Barung Biru SD N 3 Kalipang sebagai juara dua dan juara tiga diraih oleh Barung Kuning dari SD N 4 Pelem. Sedangkan untuk Barung Putri juara satu diraih oleh Barung Biru SD N 1 Karangrejo, juara dua Barung Merah SD N 3 Kalipang dan Barung Biru SD N 2 Tunggulrejo meraih juara tiga.“Masing-masing barung yang meraih juara satu akan dikirim pada kegiatan Pesta Siaga yang digelar Kwartir Cabang 11 15 Grobogan pada 26 Februari 2017 mendatang” jelas Sri Hartini.(IYA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel