PSG Manfaatkan Barang Bekas untuk Sedekah



GROBOGAN – Memanfaatkan barang bekas untuk bersedekah. Itulah yang dilakukan oleh Pencinta Sedekah Grobogan(PSG), selain mengumpulkan dana dari para dermawan. Bertempat di balai Desa Plosorejo, Kecamatan Tawangharjo, komunitas yang baru berusia satu tahun ini menyelenggarakan program BEIB(Barang Bekas Intuk Berkah).

Barang bekas yang dikumpulkan beberapa bulan sebelumnya, mulai dari baju, celana, kaos, sepatu, sandal, kerudung dijajakan di halaman balai desa. Panitia mematok harga cukup murah, mulai 2 ribu sampai 10 ribu rupiah. “Memang kita sengaja mematok harga murah. Hasil penjualan barang-barang bekas ini nantinya juga kita salurkan kepada fakir miskin, yatim piatu dan dhuafa,” jelas Arofik Muntaha, ketua PSG.


Murahnya harga yang dipatok panitia membuat antusiasme warga untuk membeli cukup tinggi. Baru mempersiapkan lapaknya, panitia sudah dibuat kebingungan dengan berjubelnya warga yang ingin membeli. “Ini juga baru ditata, warga sudah menyerbu semua,” tutur Tika Antartika, salah satu penunggu lapak.

Selain menjual barang bekas. Acara ini juga diisi dengan  pengobatan gratis yang dibantu oleh Asosiasi Klinik Indonesia Grobogan(ASKLIN). “Kami sangat berterimakasih karena dilibatkan dalam acara ini. Setidaknya ada 6 klinik di Grobogan yang ikut serta dalam pengobatan gratis  yang meliputi, cek laborat ringan, suntik KB dan pengobatan,” jelas Achmadun, Ketua ASKLIN Grobogan.


Setidaknya ada 41 anak yatim dan 100 dhuafa yang mendapatkan santunan dalam kegiatan ini. “Saya sangat  berterima kasih sekali ada komunitas yang memperhatikan warga kami. Ini betul-betul kegiatan yang luar biasa. Insyaallah kedepan saya akan gabung kegiatan ini,” tutur Mustofa, Kades Plosorejo.



Untuk menghibur para pengunjung, acara diisi dengan penampilan dongeng boneka oleh Ikatan Pencerita Anak Muslim, Grobogan Carnival Centre dan  solo organ. “Betul-betul kegiatan yang luar biasa,” tutur Setyo Budi Utomo, Ketua Karang Taruna Desa Plosorejo. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel