Refleksikan Dasa darma Dengan Tanam Pohon




GROBOGAN - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11 15 Grobogan bersama Relawan Hijau Wirosari menggelar penanaman pohon bersama di turus jalan Wirosari-Sulursari, tepatnya di Desa Kalirejo, kecamatan Wirosari hingga Desa Kuwu, kecamatan Kradenan.
Aksi tanam pohon  ini diikuti sekitar 70 an anggota  pramuka penegak dari beberapa pangkalan Gugusdepan tingkat SLTA dari Kwarran Wirosari dan Kradenan.”Memang kita sengaja melibatkan anggota Pramuka dari beberapa sekolah,” jelas Surono, Ketua Pramuka peduli Kwarcab Grobogan.

Sejumlah 300 pohon trembesi berhasil ditanam di sepanjang pinggir jalan tersebut. Selama ini jalan Wirosari- Sulursari dikenal panas karena tidak ada tanaman peneduhnya. “Kita sengaja melakukan aksi tanam pohon disini, mengingat jalan ini jika siang hari akan terasa panas sekali. Karena tidak ada pohon peneduhnya,” jelas Surono.

Surono menambahkan, bahwa aksi ini digelar dalam rangka menanamkan rasa cinta lingkungan kepada adik adik pramuka disamping harapannya agar pohon yang ditanam nanti bisa menjadi peneduh bagi pengguna jalan.”Ini merupakan salah satu pengamalan dasa darma pramuka, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” tuturnya.

Selain diikuti anggota Pramuka dan anggota relawan hijau, tidak ketinggalan pula  anggota Koramil Wirosari juga aktif dalam kegiatan penanaman.Sementara itu, Wiyono, pengurus Relawan Hijau Wirosari menyatakan rasa bangganya dengan aksi penanaman yang diikuti oleh anggota Gerakan Pramuka. “Kepedulian yang dilakukan oleh anggota Gerakan Pramuka sangat luar biasa. Peran sertanya dalam ikut  menghijaukan bumi di wilayah Wirosari bisa dicontoh,” tuturnya.

Wiyono berharap,aksi ini akan diikuti dengan pemeliharaan selanjutnya agar tanaman ini dapat tumbuh subur dan berfungsi sesuai harapan. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel