Bus Zebra Cendekia Ajarkan Tertib Berlalu lintas

AJARKAN TERTIB LALU LINTAS : Para siswa tampak serius menikmati pelayana dalam bus zebra cendekia, Jumat(20/10).


PURWODADI- Bus zebra cendekia ditampilkan dalam Kampanye keselamatan berlalu lintas yang dilakukan Sat lantas Polres Grobogan, di halaman GOR Simpanglima, Purwodadi, kemarin. Berbagai macam edukasi keselamatan berlalu lintas, soal-soal tentang  berlalu lintas dan permainan disuguhkan dalam bus yang didesain sedemikian rupa ini. “Di dalam bus ini terdapat permainan-permainan yang tujuannya memberikan pemahaman tentang tertib lalu lintas,” ungkap Kasatlantas Polres Grobogan, AKP Panji Gedhe Prabawa.

Kedatangan Bus Cendekia dari Dirlantas Polda Jateng ini disambut hangat oleh para siswa yang hadir dalam Kampanye Keselamatan Berlalu lintas ini. Mereka secara bergantian memasuki bus untuk mengikuti setBus ini merupakan bantuan pemerintah kepada Polri untuk edukasi keselamatan lalu lintas mulai anak-anak seluruh usia dari TK sampai remaja.

Anggota Satlantas Polres Grobogan yang mengawaki bus tersebut, mengajari para murid, bagaimana tata cara para berlalu lintas dengan baik dan benar. Mereka diajak melihat sebuah video pembelajaran tentang tata cara berlalu lintas. Bahkan beberapa murid terlihat sangat antusias untuk bisa merasakan naik bus sambil belajar.

AKP Panji Gedhe Prabawa mengatakan pembelajaran tertib berlalu lintas di usia dini sangatlah penting. Lantaran dengan pembelajaran tersebut dapat membentuk karakteristik anak dalam pengetahuannya berlalu lintas.


“Ini merupakan program  untuk melatih dan memberikan pelajaran tata cara tertib lalu lintas. Tidak hanya orang dewasa saja yang diwajibkan untuk mengerti peraturan, tapi anak-anak juga harus mematuhi tata cara dalam berlalu lintas dengan baik dan benar,” terangnya.

Dengan adanya pembelajaran tersebut, Panji mengatakan dengan memahami aturan lalu-lintas sejak dini diharapkan akan mampu menekan angka kecelakaan di masa datang. Terlebih sosialisasi keselamatan itu sejalan dengan materi pendidikan dalam kurikulum. Sebab saat ini, sudah ada materi keselamatan lalu-lintas dalam kurikulum PPKN yang masuk materi tematik.“Untuk itulah perlu langkah nyata dan inisiatif semua pihak agar keselamatan lalu-lintas menjadi kesadaran bersama,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu pelajar Rahagi(11) mengatakan sangat senang mengikuti pendidikan tersebut. Disamping mengetahui pengetahuan tentang tata cara berlalu lintas, ia juga senang dengan program yang disediakan , dengan system belajar didalam Bus. “Ya senang mas, disamping belajar, kita juga bisa merasakan naik bus. Tadi dapat hadiah setelah dapat nilai 10,” ujarnya. (iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel