Membanggakan, SMA Negeri 1 Toroh Terima Adiwiyata Nasional


GROBOGAN, Grobogantoday.com- Prestasi membanggakan diraih SMA Negeri  1 Toroh, Kabupaten Grobogan. Sekolah Menengah Atas negeri ini menerima penghargaan Adiwiyata Nasional. Penghargaan ini diterima langsung oleh pada Kepala SMA 1 Toroh Aris Supriyadi dalam sebuah acara di Mangga Wana Bakti Jakarta, Kamis (21/12). Penghargaan itu diserahkan Staf Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Ir Ananto Kusumo Seta.

Empat komponen sebagai syarat utama berhasil dipenuhi SMA Negeri  1 Toroh, yakni kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipasif dan pengelolaan sarana prasarana pendukung ramah lingkungan. SMA 1 Toroh merupakan satu-satunya sekolah di Kabupaten Grobogan yang lolos dan memenuhi empat komponen tersebut. SMA 1 Toroh menerima penghargaan itu bersama 422 sekolah lain di seluruh Indonesia. Dari data tersebut 33 sekolah di antaranya dari Jawa Tengah, termasuk SMA 1 Toroh.

Kepala SMA 1 Toroh Aris Supriyadi menjelaskan, pihaknya bersyukur sekolahnya mampu meraih prestasi yang patut dibanggakan. Penghargaan itu dipersembahkan untuk semua pihak yang membantu  untuk meraih prestasi tersebut. Menurutnya, partisipasif dalam menggerakan cinta lingkungan menjadi hal penting untuk menunjang pendidikan siswa.
”Ini semua karena peran aktif siswa, guru, komite, orang tua dan seluruh warga sekolah. Cinta lingkungan ini menjadi salah satu penguatan karakter,” kata Aris Supriyadi saat ditemui wartawan, kemarin.


Aris menambahkan, pihaknya akan berusaha meningkatkan prestasi menjadi Adiwiyata Mandiri.  Namun untuk mencapai prestasi itu, pihaknya hanya kurang dua komponen, yakni memiliki 10 sekolah binaan dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk membuat Kantin Sehati. “Sebenarnya sekolah binaan sudah ada, tapi jumlahnya masih kurang. Kami juga akan segera membuat kantin sehati sebagai salah syarat yang harus dipenuhi,” ucapnya. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel