Longsor di Tambakselo-Wirosari Belum Ditangani



WIROSARI,Grobogantoday.com – Hujan deras yang terus mengguyur membuat  salah satu jalan kabupaten  di Dusun Tumpuk, Desa Tambakselo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan,longsor. Akibat longsornya jalan, membuat aktivitas warga terganggu. Warga khawatir jika tidak cepat ditangani, longsor akan semakin meluas. “Jalan ini merupakan akses utama dari Desa Tambakselo ke Desa Dokoro maupun sebaliknya.  Jika ini putus, yang rugi kami,” jelas Teguh, warga setempat.

Dari pantaun Grobogantoday.com di lapangan, longsor telah memakan separuh badan jalan yang memanjang sekitar 10 meter. Tanah yang terkikis oleh air membuat badan jalan berongga, sehingga warga takut untuk melintasinya. Untuk memberi tanda kepada pengguna jalan agar tak terperosok, warga menaruh sebuah tiang tepat di tengah jalan.  “Tinggal separuh saja ini jalannya. Sudah terkikis longsor,” ungkap Suratno, warga yang lain.



Agar kendaraan roda empat bisa melintas, warga memperlebar jalan dengan memanfaatkan bahu jalan dan halaman warga. Bahu jalan tersebut dikeraskan dengan memberinya batu padas. “Kalau gak diperlebar, roda empat gak bisa melintas. Bagaimana petani bisa menjual hasil panennya nanti,” tambahnya.

Warga berharap longsornya jalan yang merupakan akses utama warga segera diperbaiki. Warga khawatir longsor akan semakin meluas seiring curah hujan yang masih tinggi.

Melihat kondisi tersebut, Kepala Desa Tambakselo Sareh Joko Prasetyo mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan UPTD PUPR Wirosari. "Mudah-mudahan pihak Pemkab Grobogan menyetujui usulan tersebut dan segera dianggarkan, agar pembangunan terealisasi.  Mengingat jalan tersebut merupakan akses utama masyarakat," ujarnya. (RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel