Melanggar, Baliho Bergambar Cagub Ganjar-Taj Yasin Dilepas Paksa



PURWODADI,Grobogantoday.com- Melanggar aturan, beberapa alat peraga kampanye (APK) pasangan calon gubernur Paslon Petahana Ganjar Pranowo dan Taj Yasin yang bertebaran di Kabupaten Grobogan diturunkan paksa  tim gabungan dari KPU, Panwas kab dan Panwascam serta Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP) selaku penegak Peraturan Daerah,  Selasa (20/2/2018).

Tidak saja sepanduk, poster dan baliho yang dipasang oleh pendukung paslon itu di tepi jalan protokol di Kabupaten Grobogan. Namun, di Purwodadi, sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Grobogan, sebuah baliho berukuran besar yang dibuat di depan rumah ketua DPC PDI Pembangunan Sri Sumarni dan spanduk umbul-umbul di dekat kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Grobogan turut diturunkan paksa.

Agus Purnama, Ketua Panitia Pengawas Kabupaten (Panwaskab) Grobogan menjelaskan, penurunan APK dilakukan sebagai langkah tegas untuk menertibkan APK ilegal yang dipasang secara asal-asalan di sejumlah wilayah di Kabupaten Grobogan.“APK yang legal dicetak oleh KPU.  Selama ini KPU belum mencetak. Berarti APK itu ilegal dan memang harus ditertibkan dan memang dilarang di PKPU nomor 4 dan Perbawaslu no 12. Yang bisa dipasang itu yang dicetak dan dipasang oleh KPU,” kata Agus menjelaskan.

Tindakan tegas, dilakukan lantaran tidak ada inisiatif dari tim sukses untuk menurunkan sendiri poster yang mensosialisasikan pasangan calon. Pasalnya, sebelum melakukan penurunan paksa puluhan APK, telah dilakukan tindakan pencopotan paksa telah dilakukan teguran tertulis ke tim sukses calon gubernur.

“Kita beri waktu 3 x 24 jam. Habis Senin kemarin, dan hari ini kita serempak melakukan pembersihan APK di seluruh Kabupaten Grobogan. Yang diturunkan hanya APK calon Gubenur karena masa kampanye gubernur sudah mulai, tapi caleg kan belum,” katanya saat ditanya tentang masih adanya sejumlah APK milik Caleg dan Calon Wakil Presiden.(RE)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel