-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Api Abadi Mrapen, Peninggalan Sunan Kalijaga yang Mendunia

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Api Abadi Mrapen, Peninggalan Sunan Kalijaga yang Mendunia


GODONG, Grobogantoday.com - Api abadi Mrapen namanya makin mendunia. Namun siapa sangka wisata milik Pemprov Jawa Tengah yang berada sebuah kompleks yang terletak di desa Manggarmas, kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah ini merupakan peninggalan tokoh penyebar agama islam di Pulau Jawa, Sunan Kalijaga. 


Api abadi Mrapen merupakan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah  yang tersulut api sehingga menciptakan api yang tidak pernah padam walaupun turun hujan sekalipun. Konon, tempat ini merupakan peninggalan Sunan Kalijaga. Saat perjalanan dari Kerajaan Majapahit menuju Demak, rombongan beristirahat. Di tempat tersebut ditemukan api yang dipergunakan untuk kebutuhan masak. "Kemudian muncul Sendang Dudo yang dimanfaatkan untuk memasak dan kebutuhan lainnya. Beliau juga meninggalkan batu ompak yang dikenal sebagai Watu Bobot,"  jelas Gunadi, juru kunci Api Abadi Mrapen. 


Selanjutnya, menurut Gunadi, Sunan Kalijaga mengutus Empu Supa untuk membuat pusaka di tempat ini. "Saat itu, api digunakan untuk membakar bahan pusaka, batu bobot digunakan untuk menempa pusaka, Sedangkan air sendang didominasi untuk mencelup pusaka usai ditempa,"  jelas Gunadi. 


Kolam dengan air mendidih yang konon dipercaya dapat dipergunakan untuk mengobati penyakit kulit. Sedangkan batu bobot yang konon apabila seseorang dapat mengangkatnya maka yang mengangkat tersebut akan mendapatkan keinginannya. (RE) 
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post