Dihiasi Lampu Warna-warni, Goa Lawa & Macan Diserbu Wisatawan



GROBOGAN,Grobogantoday.com- Walaupun masih asri   dan memiliki  interior yang menarik, namun selama ini Goa Lawa dan Macan sepi pengunjung. Kondisi tersebut membuat  Disporabudpar Kabupaten Grobogan  melakukan  terobosan baru dengan menghias interior goa lawa dan goa macan untuk menarik pengunjung.

“Memang selama ini  goa lawa dan macan yang berada satu kompleks di Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan sepi pengunjung. Untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan, interior kita hias  dengan lampu warna-warni. Sehingga stalagtit dan stalagmitnya tampak indah,” jelas Edi Santoso, Plt Kepala Disporabudpar Grobogan.

Edi menjelaskan, selain  menambahkan lampu warna-warni pihaknya juga  memperbaiki  jalan-jalan di dalam goa. Sebelumnya ada satu jalan saja, namun saat ini ditambah satu jalur lagi untuk menghindari  contraflow . “Ini jalannya kan sempit, jadi kita tambah satu jalan lagi untuk jalan keluar. Sehingga pengunjung yang masuk dan keluar tidak bertabrakan saat  terjadi lonjakan pengunjung. Namun di ujung goa lawa belum bisa kita bangun jalan, insyaallah tahun depan kita anggarkan,” jelasnya saat mengunjungi goa lawa dan macan, kemarin.



Edi menambahkan, dengan penambahan lampu warna-warni di dalam goa, saat ini jumlah kunjungan wisatawan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Jika sebelumnya per bulan hanya ada sekitar 200 wisatawan, saat ini bisa naik empat kali lipat. “Memang dengan penambahan lampu-lampu ini cukup menarik wisatawan yang berkunjung.  Kenaikan mencapai 400 persen,” ujarnya.

Terpisah, Heri Suhartanto , Kabid Pariwisata Disporabudpar menjelaskan, perbaikan goa lawa dan goa macan saat ini menelan biaya sebesar  Rp 195,67 juta  yang bersumber dari dana DAK(Dana Alokasi Khusus) Pemerintah Pusat.  “Masing-masing  Rp 97,290 juta untuk  lampu, yang dikerjakan oleh  PT Putra Wahyu E Listrik. Sedangkan pergola dan jalan menelan biaya sebesar Rp 98,48 juta oleh  CV Sinar Nusantara. Proyek ini rencananya akan selesai 8 Agustus tahun ini,” katanya.

Dinda,salah seorang pengunjung goa lawa dan macan mengaku takjub dengan kondisi goa saat ini. Menurutnya, keindahan goa lawa dan macan tak kalah indah dengan goa gong di Jawa Timur. “Sebelum dikasih lampu memang biasa saja. Tapi saat ini interiornya keren banget,” ucapnya. (pj)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel