-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Hebat, Relawan Jalan Rusak di Grobogan Ini Sudah Mengabdi Selama 22 Tahun

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Hebat, Relawan Jalan Rusak di Grobogan Ini Sudah Mengabdi Selama 22 Tahun


GROBOGANTODAY -Mengabdi menjadi relawan jalan rusak  selama 22 tahun bukanlah waktu yang singkat. Berawal dari keprihatinannya melihat jalan berlubang yang sering merusak becaknya, menuntunnya menjadi relawan  jalan rusak. Ia adalah Sudarto,  warga Desa Karangharjo, Kecamatan Pulokulon,Kabupaten Grobogan. Tak pernah berpikir tentang komisi atau imbalan, memiliki jalan yang bagus menjadi kebanggaannya. Dari gerakan kecilnya ini, cukup membantu warga sekitar untuk berkendara nyaman di jalan.


Dalam waktu luangnya, usai seharian mencari pakan ternak, dirinya selalu menyempatkan untuk mencari jalan rusak yang ada di daerahnya. Bak petugas proyek profesional, dirinya mengenakan sepatu lapangan dan mempersiapakan peralatan untuk menemaninya berkeliling mencari jalan berlubang. Begitu mendapati jalan berlubang, dirinya langsung mengeluarkan peralatanya seperti garpu, gancu, hamer dan tempat pengangkut pasir.


"Sejak tahun 99, habis nikah dulu. Langsung terjun seperti ini," ungkapnya kepada Grobogantoday.com, Jumat(19/2/2021).


Tanpa basa-basi, dirinya langsung mencangkul tanah dan bebatuan di pinggir jalan, kemudian menutup lubang yang berada dijalan. Dengan menggunakan alatnya, kerikil kecil dan tanah digaruk untuk menutup jalan yang rusak.  Bukan hanya itu, dirinya juga merapikan besi-besi yang tampak dari kontruksi jalan beton yang sudah rusak.  


“ Walaupun tidak mendapat bayaran, namun saya senang jika melihat jalannya bagus. Saya sangat senang jika tidak ada lagi orang kecelakaan akibat jalan berlubang,” aku pria yang akrab dipanggil Totok ini.



Walau terlihat sederhana, namun apa yang dilakukan pria 53 tahun ini membuat ia dikenal oleh warga sekitar. Tak sedikit juga para warga yang mengapresiasi dan terbantu dengan aksinya. Bahkan beberapa warga mengaku jika semasa kecilnya hingga kini melihat pak totok tetap aktif memperbaiki jalan yang rusak. Tak sedikit juga yang sudah merasakan manfaat dari jalan yang sudah diperbaikinya.  Bukan hanya di satu titik saja, namun hampir seluruh jalan di Kecamatan Pulokulon yang rusak sudah tersentuh olehnya.


Dian, salah seorang pengguna jalan merasa sangat terbantu dengan aksi yang dilakukan pria ini. 


“Alhamdulillah, sangat membantu. Saya lihat beliau memperbaiki jalan utama Danyang-Kuwu, dari Desa Sembungharjo hingga Desa Pulokulon. Semua lubang jalan yang menganga ia tutup semua. Apalagi saat musim penghujan begini, jalannya rusak terus," katanya. 


Tak banyak yang diharapkan oleh sudarto dari aksinya ini, karena melihat jalan bagus membuat dirinya senang. Dari aksi sederhananya ini sering juga mengetuk hati warga sekitar untuk membantu menyumbang matrial untuk memperbaiki jalan. Walau tak mendapat gaji seperti para PNS,  namun kesigapanya sudah teruji puluhan tahun untuk memperbaiki jalan berlubang.


"Yang terpenting jalannya bagus. Masyarakat yang lewat bisa melewati dengan nyaman, " ungkapnya. 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a comment

Iklan Tengah Post