Digelar Pertama Kali, Festival Barong di Kradenan Berlangsung Meriah



KRADENAN,Grobogantoday.com- Walaupun baru kali pertama digelar, namun antusias penonton untuk menyaksikan Diponegoro Barong Festival 2018 yang diprakarsai Karangtaruna Desa Kradenan dan Banjardowo, Kecamatan Kradenan, Grobogan  sangat luar biasa. Ribuan pasang mata menyaksikan atraksi yang ditampilkan 8 grup barong dari beberapa desa se-Kecamatan Kradenan. “Sungguh diluar perkiraan kami. Acaranya sungguh luar biasa. Pengunjungnya membludak. Semoga tahun depan kita bisa menyelanggarakan acara serupa yang lebih baik lagi,” kata Akib Umar, Ketua Panitia kepada Grobogantoday.com, Minggu(7/10/2018) di sela-sela acara.

Sejak pagi, warga sudah memenuhi  sepanjang jalan yang dilalui arak-arakan grup barong yang mengikuti festival ini. Selain grup barong, arak-arakan ini juga dimeriahkan oleh dua grup drum band dan penampilan batik carnifal. ”Ada batik carnifal PFC dan dua marching band, yakni dari SMK Taruna dan SD Negeri 1 Kradenan,” jelas Akib Umar.

Di sepanjang jalan yang dilalui rombongan, sambutan warga sangat luar biasa. Selain menyiarkan secara langsung di sosial media masing-masing melalui handphone, sesekali mereka mengajak peserta arak-arakan untuk berswafoto. “Momen seperti ini jarang terjadi. Makanya tadi minta foto sama grup barong dan batik carnifal yang lewat,” ujar Edi, salah seorang pengunjung.


Usai menyusuri jalan kampung sejauh kurang lebih 2 kilometer, arak-arakan menuju lapangan Desa Banjardowo. Setiap grup barong menampilkan kebolehannya dalam beratraksi diatas panggung. Minimal satu grup menampilkan tiga tokoh pertunjukan barongan, yakni  Barongan, Joko Lodro(Gendruwonan) dan Bujang ganong.

Walaupun panas terik matahari, namun tak menyurutkan pengunjung untuk melihat dari dekat penampilan semua grup barong yang berlaga. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun banyak yang ikut menonton. “Bagus-bagus penampilannya. Rugi banget kalau sampai tak melihatnya. Sambil mengajak anak liburan dan memperkenalkan pentingnya mencintai budaya lokal,” ujar, Siti(35). (RE)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel