yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Benda Koleksi Museum Grobogan Diteliti

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Benda Koleksi Museum Grobogan Diteliti


PURWODADI, Grobogantoday.com-Belum banyak yang tahu keberadaan Museum Grobogan yang selama ini dikelola oleh Disporabudpar Grobogan.  Puluhan koleksi benda-benda bersejarahnya pun belum memiliki diskripsi yang lengkap, sehingga menyulitkan pengunjung yang datang.  

Oleh sebab itu, Disporabudpar mendatangkan belasan tenaga ahli dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng dan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. Tim ini ditugaskan untuk  mengkaji koleksi Museum Lokal Grobogan, Selasa (18/6/2019). Demikian diungkapkan Kasi Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Disporabudpar Grobogan Siswanto kepada wartawan. 

"Saat ini  Museum Lokal Grobogan yang berada di komplek Dinas Pendidikan memiliki koleksi benda masa lampau sekitar 86 buah. Selain benda cagar budaya, ada sejumlah fosil hewan purba dan pusaka," ujarnya.


Siswanto menjelaskan, selama ini museum jarang dibuka untuk umum. Selain  itu, sejumlah koleksi tersebut juga belum memiliki diskripsi informasi yang lengkap. Data yang ada hanya menyebutkan lokasi dan tahun penemuannya saja. Minimnya informasi inilah yang menyebabkan pihaknya juga kesulitan untuk memberikan penjelasan pada masyarakat.

‘’Harapannya setelah kajian ini selesai, informasi tentang koleksi museum semakin lengkap. Sehingga bisa menambah wawasan pengunjung," katanya. 


Tim ini dijadwalkan melakukan kajian selama delapan hari, yakni 18 hingga 25 Juni.  "Pada empat hari pertama akan dilakukan kegiatan pendataan, kajian, konservasi, dan pelabelan. Kemudian, pada empat hari kedua digunakan untuk penyusunan hasil kajian yang dilakukan," pungkasnya. (RE) 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post