yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Kwaran Toroh Adakan Gowes Napak Tilas Rute Juang Kapten Rusdiyat

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Kwaran Toroh Adakan Gowes Napak Tilas Rute Juang Kapten Rusdiyat


TOROH, Grobogantoday.com -  Untuk mengenang perjuangan salah satu pahlawan,  Gerakan Pramuka Kwaran Toroh melakukan gowes rute juang Kapten Rusdiyat, Kamis(2/11/2019). Sebanyak 170 anggota pramuka mengikuti kegiatan ini. 

Kegiatan Gowes ini diikuti oleh pembina pramuka, peserta didik golongan penegak utusan semua gudep di Toroh, jajaran mabiran yang terdiri dari camat kapolsek koramil serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan utusan Kwartir Cabang. 

Adapun rute yang ditempuh adalah start di halaman kantor kecamatan menuju desa genengadal,  pemakaman njerumpuk yang pernah menjadi makam sementara di Dusun Karangturi,  dilanjutkan ke bukit Cengklik menuju Truwili kemudian mengarah ke Desa Katong, tepatnya di pemakaman Kapten Rusdiyat.  

Ketua Kwaran Toroh, Widji Astutik menjelaskan, dipilihnya rute tersebut dikarenakan ada nilai historis dari perjuangan Kapten Rusdiyat. Yakni proses evakuasi jenazah kapten rusdiyat yang gugur setelah diberondong peluru oleh Belanda yang bermarkas di sedadi.  

"Kapten Rusdiyat diyakini berasal dari Barisan Tentara Pelajar Surakarta yang mampu memporak-porandakan markas Belanda di Sedadi," katanya. 

Setibanya di makam Katong, peserta mengikuti apel penghormatan dan doa bersama di makam Kapten Rusdiyat. "Kita juga mengadakan acara bakti sosial, yakni pemberian paket sembako kepada 40 warga kurang mampu. Selain itu juga diisi dengan lomba swafoto oleh peserta," ujar Widji. (RE) 
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post