-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Pandemi, Imlek Dirayakan di Rumah Saja

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Pandemi, Imlek Dirayakan di Rumah Saja


GROBOGANTODAY - Masa pandemi, semua perayaan   menjelang   dan      sesudah imlek yang   menimbulkan   keramaian           akan dihilangkan dari pelaksanaan. Demikian diungkapkan Budi Wiguno, Ketua Yayasan di sela-sela kegiatan membersihkan     klenteng Hok An Bio, Purwodadi, Selasa(2/2/2021).


"Kami meminta umat untuk di rumah saja, merayakan Imlek bersama keluarga inti. Keluarga jauh juga kami minta tidak berkunjung ke keluarga lainnya. Berbagai perayaan yang biasanya ada, juga akan kami tiadakan tahun ini," ungkapnya.


Dia juga meminta tidak ada perayaan-perayaan sebagai penyambutan Imlek. Perayaan seperti pertunjukan Barongsai, pesta kembang api atau perayaan yang menimbulkan keramaian.


Jelang Imlek, warga Tionghoa di Kecamatan Purwodadi,Kabupaten Grobogan membersihkan Klenteng Hok An Bio di  Jalan Brigjen Katamso, Purwodadi. 


Selain itu, sejumlah patung Dewa dan Dewi mulai dimandikan. Seluruh bangunan klenteng pun dibersihkan dan dicat agar tampak lebih indah.


"Imlek memang masih sepuluh lagi, tapi dari sekarang kami sudah mempersiapkan. Kami mulai bersih-bersih," ujarnya. 


Budi mengatakan jika tradisi di Klenteng Hok An Bio untuk memandikan patung Dewa Dewi dibagi dalam dua tahap pembersihan. Pelaksanaan pembersihan patung  ini dilakukan setiap satu tahun sekali menjelang Hari raya Imlek.


" Di klenteng ini ada puluhan patung Dewa Dewi yang dimandikan. Proses memandikan ada dua tahap. Yaitu, pertama dibersihkan dari debu, kemudian dengan sabun dan air bunga," ungkap Ari.


Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post