-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Tradisi Tingkep Tandur di Grobogan Yang Masih Terjaga

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Tradisi Tingkep Tandur di Grobogan Yang Masih Terjaga

Warga berkumpul mengikuti acara tingkep tandur.

GROBOGANTODAY - Ungkapan rasa syukur petani di Desa Mrisi Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan memasuki masa  padi bunting (akan berbuah) dilakukan dengan menggelar tradisi tingkep tandur.  


Tradisi yang dilakukan rutin setiap tahun ini, bertujuan agar padi  terhindar dari segala  serangan  hama dan tumbuh subur sehingga  hasilnya sangat  memuaskan.  


Selamatan tandur atau tingkep tandur ini dilakukan di pinggir sawah dengan menggelar doa dan makan bersama petani serta warga desa. Ratusan petani warga Desa Mrisi ini sudah berkumpul sembari membawa makanan beraneka macam, Sabtu(15/1/2022).


Tradisi yang dikenal dengan tingkep tandur atau selamatan tandur, sudah dilakukan warga di Desa Mrisi secara turun temurun. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan memohon pada  Tuhan Yang Maha Esa, agar padi nantinya terhindar dari serangan hama dan bisa tumbuh subur.  


“Hal ini  sebagi  bentuk syukur pada  Tuhan  dan sebagai sarana berserah diri dan berdoa agar dalam pertanian dalam setiap masa tanam selalu diberikan aman dari segala jenis hama serta mendapatkan hasil panen yang memuaskan,” kata Kades Mrisi, Ahmad Ismail, Minggu(16/1). 


Setelah petani berkumpul di  sebuah tempat dekat dengan sawah, makanan yang dibawa masing-masing petani dikumpulkan. Kepala desa setempat memberikan arahan serta dilanjutkan tahlil dan  doa bersama. 


" Usai berdoa bersama,  makanan yang dibawa petani dibagi-bagi kepada warga untuk disantap bersama-sama," ungkap Kades Mrisi, Ahmad Ismail. 


Selain  melestarikan  budaya, acara  ini  juga  sebagai ajang  untuk mengumpulkan para  petani yang  biasanya  sibuk   masing masing. Sehingga dengan acara ini para petani  bisa saling tukar  informasi dan menjalin silaturahmi antara  petani   perangkat desa  dan  kepala  desanya.


" Sebagai sarana informasi dari pemerintah desa atau kelompok tani kepada petani terkait langkah strategis pengelolaan pertanian," pungkasnya.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post