-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Atasi Banjir dan Longsor, Ganjar Minta Galakkan Reboisasi di Kendeng Utara

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Atasi Banjir dan Longsor, Ganjar Minta Galakkan Reboisasi di Kendeng Utara

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat ke Pegunungan Kendeng Utara di Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan. 

GROBOGANTODAY - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta untuk dilakukan penanaman pohon keras di Pegunungan Kendeng Utara, yakni di wilayah Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Pati. Usaha tersebut sebagai salah satu upaya mengakhiri persoalan banjir bandang yang akhir-akhir ini sering terjadi. 


Ganjar yang datang langsung ke Pegunungan Kendeng Utara di Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan melihat perbukitan masih didominasi oleh tanaman jagung. Sehingga sejam hujan lebat di area pegunungan, air yang turun dari pegunungan membanjiri pemukiman dan persawahan warga di area hilir. 


"Minimal 50 persen tegakan. Kalau dilihat di belakang sana, 99 persen tidak ada tegakan, ditanami jagung. Dihajar cuaca ekstrem akan banjir dan longsor," ujarnya. 


Menurutnya, reboisasi dan pengelolaan hutan menjadi solusi untuk mengatasi persoalan banjir. Pihak Pemkab Grobogan, Perhutani dan masyarakat sekitar Pegunungan Kendeng harus saling bahu membahu. 


"Ini butuh waktu 4 sampai 5 tahun untuk melihat hasilnya, pohonnya menjadi besar. Jika segera dilakukan, banjir akan berkurang," ujarnya. 

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post