-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Evita Nursanty Apresiasi Kontribusi BUMN Karya PT Waskita Karya (Persero) Tbk dalam Pembangunan IKN

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Evita Nursanty Apresiasi Kontribusi BUMN Karya PT Waskita Karya (Persero) Tbk dalam Pembangunan IKN

Sosialisasi BUMN: BUMN Karya Memberikan Kontribusi terhadap Pembangunan IKN yang berlangsung di Firdausia Ballroom, Grand Master Hotel, Purwodadi, Grobogan, Jumat (10/2
Anggota Komisi VI DPR RI Dr Evita Nursanty saatSosialisasi BUMN: BUMN Karya Memberikan Kontribusi terhadap
Pembangunan IKN yang berlangsung di Firdausia Ballroom, Grand Master Hotel, Purwodadi, Grobogan, Jumat (10/2/2023).

GROBOGANTODAY -Dibutuhkan sinergi dan gotong royong semua kalangan dalam membangun ibu kota baru. Demikian diungkapkan Anggota Komisi VI DPR RI Dr Evita Nursanty Sosialisasi BUMN: BUMN Karya Memberikan Kontribusi terhadap Pembangunan IKN yang berlangsung di Firdausia Ballroom, Grand Master Hotel, Purwodadi, Grobogan, Jumat (10/2/2023).


"Saya mendukung dan mengapresiasi kontribusi BUMN karya dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Keterlibatan BUMN dalam pembangunan IKN Nusantara sangat penting, apalagi salama ini BUMN hadir dalam pembangunan karya monumental di Indonesia," katanya.


Ia menjelaskan, diantara BUMN karya itu adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang berhasil meraih beberapa kontrak proyek baru di Ibu Kota Negara (IKN). Antara lain proyek Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung pada Kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara dengan total nilai kontrak mencapai Rp1,35 Triliun.


Selain itu, Waskita juga berhasil memenangkan 2 tender proyek jalan yaitu Proyek Jalan Tol IKN Segmen Simpang Tempadung – Jembatan Pulau Balang senilai Rp990 miliar dan Pembangunan Jalan Kerja/Logistik IKN (KIPP) Paket Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4 senilai Rp182 miliar.


"Waskita juga dipercaya untuk mengerjakan proyek pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dengan kontrak senilai Rp639 miliar," ujarnya. 


Menurut Evita, keterlibatan ini menunjukkan pentingnya peranan PT Waskita Karya dalam setiap perjalanan bangsa Indonesia dengan menggarap berbagai proyek monumental. “Kita menyambut baik kontribusi ini, dan diharapkan kontribusi tersebut bisa semakin lebih besar lagi, seiring dengan tahap-tahap pembangunan IKN Nusantara,” ucap anggota DPR dari dapil Jateng III ini.


Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung pada Kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara rencananya akan dibangun di atas tanah seluas 50.678 m2 dan luas bangunan 33.312 m2 yang terbagi menjadi 3 bangunan yaitu Sekretariat Presiden, Mess Paspampres dan Bangunan Pendukung. Pembangunan ini membutuhkan waktu pembangunan selama 720 hari kalender dengan target penyelesaian pekerjaan pada akhir tahun 2024. 


Waskita berhasil meraih proyek Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung pada Kawasan Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara ini dikarenakan pengalaman Waskita Karya dalam mengerjakan pembangunan gedung ternama dengan tepat mutu dan tepat waktu antara lain Wisma 46 Jakarta, Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta, Renovasi Masjid Istiqlal, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Sarana dan Gedung Bandara Kertajati Jawa Barat, Terminal dan Sarana Bandara Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah, Terminal Baru Bandara Minangkabau Padang Sumatera Barat, dan Renovasi Terminal 1 Juanda Jawa Timur


Pada bagian lain, Evita juga mengpresiasi transformasi digital Waskita Karya yang sudah dimulai pada tahun 2016. Transformasi itu perlu dilakukan karena perseroan saat itu mengalami pertumbuhan besar-besaran (supergrowth). Pertumbuhan itu terjadi setelah Waskita Karya memperoleh tugas dari pemerintah untuk menuntaskan pembangunan jalan tol, khususnya tol Trans Jawa.


Tak hanya berhenti di implementasi teknologi, Waskita Karya kini sedang berupaya untuk meraih gelar National Lighthouse. National Lighthouse Industri 4.0 menjadi contoh dalam transformasi digital dan penerapan teknologi 4.0. 


“Kita menilai Waskita Karya layak menjadi role model bagi pelaku industri di sektornya serta dapat menjadi mitra dialog pemerintah dalam implementasi Industri 4.0 di Indonesia,” kata Evita Nursanty.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post