Bupati Keluarkan Perbup Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani Kedelai



TOROH- Pemerintah Kabupaten Grobogan makin serius untuk meningkatkan produksi kedelai serta meningkatkan kesejahteraan petani kedelai di wilayahnya.Dalam rangka hari chef sedunia,Bupati Grobogan Sri Sumarni menyerahkan  Peraturan Bupati no.34 Tahun 2016 tentang Pengendalian Kedelai Varietas Grobogan kepada Kadinas Pertanian Kabupaten Grobogan,Selasa(25/10) di Rumah Kedelai Grobogan.Grobogan memiliki kedelai dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.Dengan Perbup ini saya harapkan menjadikan kehidupan petani kedelai akan semakin baik," jelas Sri Sumarni.

Kadinas Pertanian Kabupaten Grobogan,Edi Sudaryanto,menjelaskanPeraturan Bupati ini secara garis besar bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani kedelai serta meningkatkan jumlah produksi kedelai dengan cara memperluas lahan tanam."Dalam Perbup ini,bengkok desa diproyeksikan sebagai lahan percontohan untuk penanaman kedelai.Bukan itu saja,lahan yang selama ini dialiri irigasi juga akan ditanami kedelai," pungkasnya.

Saat ini lahan yang ditanami kedelai mencapai 27 ribu hektar.Diharapkan,lima tahun kedepan dengan perluasan area tanam,yang meliputi lahan irigasi dan hutan,area tanam kedelai mencapai 30- 35 ribu hektar."Saat ini Grobogan mampu memproduksi kedelai 50 ribu ton per tahun.Jika mampu memperluas lahan ,dipastikan produksi kedelai bisa mencapai 80 ribu ton per tahun," jelas Edi.

Selain menyerahkan Perbup no.34 Tahun 2016,Bupati juga mengajak anak-anak untuk minum susu kedelai bersama."Tradisi minum susu kedelai harus dilakukan secara rutin.Hal ini untuk mendukung kedelai sebagai salah satu ikon Grobogan," jelas Sri Sumarni.

Sri sumarni juga mengajak  anak-anak untuk bernyanyi lagu  anak-anak.Beliau berpesan kepada orangtua  agar mendampingi dengan baik anaknya,karena sebagai generasi penerus bangsa.

Hari chef internasional juga dimeriahkan dengan lomba kreasi olahan kedelai.Berbagai masakan kreasi ibu-ibu ditampilkan disini.Minuman susu kedelai dengan berbagai variasinya serta berbagai makanan dengan bahan dasar tempe menggugah selera makan.

Edi sudaryanto menambahkan akan pentingnya kedelai untuk anak-anak." Kedelai mengandung asam amino tinggi yang sangat baik untuk anak.Apakah semua jenis kedelai sama?Ada 2 golongan kedelai di pasar ,yaitu transgenik dan non transgenik(alami,tanpa rekayasa genetika).Di Eropa sudah menolak kedelai transgenik,mereka mengkonsumsi kedelai nontransgenik seperti kedelai varietas Grobogan," jelasnya.

Konsumen sudah waktunya tahu kedelai yang berkualitas.Kedelai lokal Grobogan merupakan kedelai nontransgenik yang sehat.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel