Goa Lawa dan Macan Sepi Pengunjung





GROBOGAN - Goa Lawa dan Goa Macan, merupakan obyek wisata yang saat ini dikelola Disporabudpar Kabupaten Grobogan.Kedua goa tersebut berada di satu lokasi, letaknya bersebelahan. Kedua goa ini terletak di Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, atau berjarak kurang lebih 13KM dari Kota Purwodadi, melalui jalan Purwodadi–Pati.Dari jalan raya,nampak gapura pintu masuk obyek wisata.Dari jalan raya masih berjarak sekitar 2 KM untuk sampai di lokasi goa.

Untuk sampai ke lokasi, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor, atau mobil. Namun medan jalan menuju lokasi penuh tanjakan dan turunan,jadi perlu kehati-hatian.


 Walaupun obyek wisata ini menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmit,namun obyek wisata ini sepi pengunjung. Saat Grobogan Today  mendatangi obyek wisata ini,hanya menemui beberapa pengunjung yang terlihat berwisata.” Sampai pukul 14.00 ini baru ada tiga pengunjung,sepi sekali,"kata Harsono,  penjaga obyek wisata Gua Lawa dan Gua Macan.

Ia menjelaskan,sepinya pengunjung karena sarana dan prasarana yang belum tersedia bagi pengunjung. Belum lagi wisatawan selalu menginginkan obyek wisata  memiliki wahana yang menarik,seperti spot foto,tempat bermain an out bond."Dalam pengelolaan Goa Macan dan Lowo, saya hanya ditemani oleh satu orang. Untuk setiap harinya belum tentu ada wisatawan yang ke sini. Hanya  ketika hari libur agak sedikit ramai, itu pun tidak lebih dari 20 pengunjung,” ujarnya.

Sebenarnya,akses jalan yang selama ini dikeluhkan pengunjung sudah baik.Pihak desa sudah memperbaiki akses jalan menuju obyek wisata.

Undi,salah satu pengunjung yang berhasil Grobogan Today wawancarai mengungkapkan,dia merasa takjub dengan keindahan stalagtit dan stalagmit di dalam goa.Namun dia berharap,sarana prasarana lebih dilengkapi,serta promosi yang harus terus digalakkan oleh pihak terkait."Andai di puncak dikasih tempat spot foto pasti bagus,disini pemandangannya keren.Terus kamar mandinya juga harus ada," imbuhnya.



Pernyataan yang sama disampaikan Rendi,pengunjung asal Pati ini mengaku tidak kecewa saat berkunjung ke goa kawa dan macan.Namun dia berharap di area goa ditambah sarana yang menarik."Mengikuti anak muda jaman sekarang,pasti ramai deh," jelasnya.

Harsono berharap, semoga ada perhatian khusus dari pihak terkait terhadap kondisi wisata Goa Lawa dan Macan tersebut. Karena sangat sayang sekali jika tidak dimanfaatkan potensinya. Lahan luas, tanah subur, dan keindahan alamnya jika dirawat dan dioptimalkan, tentu akan menarik para wisatawan.


Iyant RE,Ketua Komunitas Wisata Grobogan menyatakan keprihatinannya terhadap Obyek wisata Goa Lawa dan Macan yang sepi pengunjung.Dia mengatakan,promosi yang kurang dan inovasi yang kurang membuat wisata tersebut sepi." Promosi perlu digencarkan.Selain itu,penyelenggaraan even di obyek wisata akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," jelasnya.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel