KODIM 0717 Purwodadi Dirikan Kandang Sapi di Pucang, Grobogan




PURWODADI-Lahan kosong milik TNI yang berada di Desa Pucang Kecamatan Grobogan dimanfaatkan untuk tempat pengelolahan pupuk organik serta kandang sapi oleh Kodim 0717/ Purwodadi. Danrem 073/ Makutarama, Kolonel Inf Joseph Robert Giri berkunjung sekaligus mengecek pembuatan bangunan yang kini sudah berjalan sekitar 90 persen, kemarin (29/9).


Danrem 073/ Makutarama berharap agar bangunan dimanfaatkan secara maksimal. Terlebih untuk menggencarkan program TNI dalam dalam bidang peternakan.


Danrem 073/ Makutarama, Kolonel Inf Joseph Robert Giri mengaku prihatin dengan kondisi Indonesia yang selalu kekurangan stok sapi, bahkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut negara terpaksa mengimpor dari negara lain.
“TNI bukan hanya mementingkan upaya khusus (Upsus) pertanian, kini mulai digencarkan dan mulai melirik ke peternakan dan perikanan. Sebab, di Indonesia masih kurangnya sapi, bahkan masih banyaknya impor dari negara tetangga. Kenapa bukan kita yang mengirimkan sapi ke negara tersebut. padahal negara kita kaya,” tandasnya.


Pihaknya menegaskan dengan adanya kandang sapi ini diharapkan para babinsa ikut turun serta dalam mengelola sapi. “Para babinsa juga harus ikut turun tangan dan aktif menangani 10 sapi nantinya. Bahkan mereka diperbolehkan menitipkan sapinya disini,” tegasnya.


Danrem 073 Makutarama menegaskan agar  TNI bukan hanya sekedar memberi makan pada sapi yang ada di kandang sapi ini. Namun, harus mampu berinovasi lain dalam menciptakan pakan sapi. “Sapi bukan hanya diberi makan rumput saja agar dapat gemuk dan cepat berkembang. Namun, kita harus mampu mengembangkan budidaya sapi ini,agar peternak semakin meningkat kesejahteraannya” jelasnya.


Disamping itu, pihaknya berharap agar TNI mampu mendorong peternak untuk terus maju dan mampu menghasilkan sapi yang baik sehingga dapat dikirim ke negara lain.


Dandim 0717/ Purwodadi, Letkol Arh Jan Piter Gurning mengatakan, adanya tingkat populasi sapi potong di Grobogan saat ini mencapai 170.000 ekor, atau terbesar kedua di Jateng setelah Blora. Sapi itu sebagian besar diternak petani di daerah Kecamatan Purwodadi, Tawangharjo, Toroh, Geyer, Pulokulon, Kradenan, Wirosari, Gabus dan Ngaringan.“Dengan dibuatnya kandang sapi seluas 1 hektar di daerah Pucang ini diharapkan mampu menambah populasi sapi di Grobogan. Sehingga dapat dikirim keluar,” pungkasnya. (grobtoday/re)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel