Pramuka Sebagai Garda Terdepan Untuk Menjaga Lingkungan



GEYER - Dengan kemampuan yang dimilikinya, manusia tidak hanya dapat menyesuaikan diri, akan tetapi manusia juga dapat memanfaatkan potensi lingkungan untuk lebih mengembangkan kualitas kehidupannya. Bagi manusia, selain sebagai tempat tinggalnya, lingkungan hidup dapat dimanfaatkan sebagai media penghasil bahan kebutuhan pokok, sebagai sarana bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia dan makhluk hidup lainnya. Disamping itu sebagai media ekosistem dan pelestarian flora dan fauna serta sumber alam lain yang dapat dilindungi untuk dilestarikan. Materi Lingkungan Hidup tersebut disampaikan oleh Budi Sutomo Wakil Adm/ KSKPH Monggot Perum Perhutani KPH Gundih dihadapan ratusan peserta Jambore Ranting VI Tahun 2016 yang digelar Kwartir Ranting Geyer.

Dihadapan peserta jambore, Budi menambahkan bahwa Pramuka adalah kader pembangunan dan agen perubahan, sehingga Pramuka punya peran dan kewajiban untuk ikut serta menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.


Menurut Panitia Penyelenggara, Surono, Jambore Kwartir Ranting Geyer yang digelar mulai Hari Rabu tanggal 26 Oktober 2016 dan berakhir Hari Sabtu 29 Oktober 2016, di Lapangan Desa Ledokdawan Kecamatan Geyer diikuti 31 Regu Penggalan Putra dari pangkalan Gugusdepan SD/MI dan 27 Regu Penggalang Putri dari pangkalan Gugusdepan SD/MI. Sedangkan dari pangkalan  Gugusdepan SMP/MTs diikuti empat  regu putra dan dan tujuh regu putri.


Selain materi penyuluhan lingkungan hidup, selama empat hari peserta Jambore Kwarran Geyer melakukan berbagai aktifitas, ada kegiatan pionering, perkemahan, yel-yel, pentas seni budaya, bakti masyarakat, kegiatan penjelajahan dan halang rintang yang didalamnya ada materi lomba tentang morse, shemapore, sandi, halang rintang, pengetahuan kepramukaan, panorama, dan menaksir. “ Walau sempat diguyur hujan deras, semua pelaksanaan kegiatan Jambore Ranting Geyer dapat terlaksana dengan baik dan lancar, peserta penuh semangat melaksanakan aktifitasnya” ujar Surono.


Regu Putra SD Negeri 5 Gundih berhasil menjadi tergiat I, disusul SD Negeri 3 Juworo tergiat II,  SD Negeri 3 Monggot diiurutan III. Untuk regu putri tergiat I diraih oleh SD Negeri 3 Gundih, Tergiat II diraih oleh SD Negeri 1 Gundih dan SD Negeri 3 Asemrudung mendapatkan tergiat III. Untuk regu penggalang dari Gugusdepan pangkalan SMP/MTs, Regu Putra dari SMP N 1 Geyer menjadi tergiat I, disusul SMP Negeri 2 Geyer pada tergiat II, dan SMP Negeri 4 di posisi tergiat III. Sedangkan regu putri tergiat I diraih oleh SMP N 2 Geyer, Tergiat II SMP Negeri 1 Geyer, tergiat III SMP Negeri 4 Geyer. Jambore Ranting Geyer ditutup oleh Drs. Sutar, Ketua Kwartir Ranting Geyer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel