-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
SMA 1 Purwodadi dan SMP 1 Grobogan Juarai Lomba Tari Angguk

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

SMA 1 Purwodadi dan SMP 1 Grobogan Juarai Lomba Tari Angguk



GROBOGAN - Khawatir tari angguk akan punah seiring masuknya budaya pop modern,Pemkab Grobogan menyelenggarakan lomba Tari Angguk Grobogan,Rabu(25/10). Oleh karenanya, Disporabudpar Grobogan mencoba mempertahankan dan mengembankan tari ini dengan menggelar lomba tari angguk.Lomba ini diikuti 10 kelompok tingkat SMA dan 20 kelompok tingkat SMP.Tiap kelompok terdiri dari 2 orang.


" Alhamdulillah  peserta lomba tari angguk ada 60 peserta .Semoga kedepan,jumlah peserta bisa terus bertambah.Banyaknya peserta ini memang jadi salah satu tolak ukur keberhasilan even yang kita lakukan,” kata Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Marwoto, saat ditemui di kantornya.


Ditambahkan, pembinaan yang diteruskan dengan lomba tari angguk itu dilatarbelakangi dengan ancaman kepunahan kesenian warisan nenek moyang tersebut akibat era globalisasi. Disebutkan, beberapa tahun lalu, grup kesenian tari angguk di Grobogan ada puluhan yang tersebar di sejumlah kecamatan. Antara lain, Kecamatan Godong, Grobogan, Kradenan, dan Pulokulon.


"Dulu, grup kesenian tari angguk ini banyak sekali. Sekarang memang masih ada tetapi jumlahnya bisadihitung dengan jari. Itupun, pemainnya sudah generasi lama. Pembinaan ini kita lakukan sebagai upaya menghidupkan lagi kesenian tari angguk,” terangnya.


Dijelaskan, sebelum pelaksanaan lomba, pihaknya sudah menggelar pelatihan tari angguk buat 50 guru kesenian tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Pelatihan yang dilangsungkan di Gedung Wisuda Budaya itu dilakukan selama tiga hari, dari 1-3 September 2016 lalu.


Yudhita,salah satu peserta dari SMA Negeri 1 Godong mengungkapkan bahwa walaupun dia sudah sering menari,namun saat berlatih menari angguk sedikit menemui kesulitan."Pandangan gak boleh kedepan ,pandangan harus ke atas," jelasnya.


Sama halnya dengan Lilik dari SMK Diponegoro,mengaku menemui kesulitan karena persiapan yang agak mepet.Namun Lilik mengaku senang karena bisa ikut melestarikan budaya lokal.


Sementara itu, salah satu salah satu guru kesenian Tatin Vivencia,mengaku cukup senang dengan dilibatkannya para guru kesenian dalam pelestarian tari angguk. Meski demikian, ia berharap agar upaya seperti itu lebih sering dilakukan.“Sebagai guru kesenian, kami senang sekali dan sangat mendukung pelestarian kesenian ini. Kita harapkan, acara pembinaan, lomba maupun keempatan untuk menampilkan tari angguk ini lebihsering dilakukan," jelas guru kesenian SMP Dr. Soetomo Karangrayung.


Sama halnya dengan Supriyadi,salah seorang pemerhati budaya,sangat senang Angguk Grobogan kembali dihidupkan."Ini merupakan aset yang perlu dikembangkan," jelasnya di sela-sela melihat penampilan tari Angguk.


Berikut ini daftar juara lomba tari angguk Grobogan :
Tingkat SMA : Juara 1 SMA Negeri 1 Purwodadi,Juara 2 SMA Negeri 1 Toroh,Juara 3 SMA 1 Pulokulon,Harapan 1 SMA 1 Grobogan,Harapan 2 SMK 1 Wirosari,Harapan 3 SMA filial Godong.
Tingkat smp : Juara 1 SMP 1 Grobogan,Juara 2 SMP 1 Godong,Juara 3 SMP Penawangan,Harapan 1 SMP 5 Purwodadi,Harapan 2 MTs N Wirosari,Harapan 3 SMP 1 Kedungjati.(ire)
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post