SMA Negeri 1 Purwodadi Menjadi Sekolah Rujukan



GROBOGAN -SMA Negeri 1 Purwodad menjadi barometer perkembangan pendidikan SMA di Kabupaten berselogan Bersemi ini.SMA negeri 1 Purwodadi ditunjuk sebagai satu-satunya SMA di Grobogan yang melaksanakan Program Sekolah Rujukan. Itu setelah Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah menetapkan sekolah tersebut sebagai sekolah rujukan.Di Indonesia,terdapat 614 sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah rujukan.

Secara singkat,Sekolah Rujukan adalah sekolah yang telah memenuhi/melampaui Standar Nasional Pendidikan,memiliki ekosistem yang baik,memiliki mutu yang baik,berinovasi dan berprestasi akademik/non akademik serta melaksanakan program-program pendidikan yang layak menjadi rujukan sekolah lain.


Sebagai sekolah rujukan, kini SMA Negeri 1 Purwodadi dituntut untuk mampu menularkan ke sekolah lain guna mempercepat mutu pendidikan daerah ke tingkat nasional. Harus mau berbagi dengan sekolah lain, terkait tips-tips dan cara mengembangkan serta memajukan dunia pendidikan. Tak heran kini SMA Negeri yang dikepalai oleh Amin Hidayat terus berbenah "Gelar sekolah rujukan diberikan bagi sekolah yang sudah melewati standar nasional. Selain itu sekolah juga harus mempunyai trobosan-trobosan dalam dunia pendidikan," tuturnya disela-sela sosialisi sekolah rujukan,Minggu(13/11).

Beberapa program yang telah diterapkan di SMA Negeri 1 Purwodadi yaitu,pendidikan karakter,budaya literasi,bela Negara dan green school.”Sekolah rujukan nanti kita harus bersedia untuk menjadi program-program yang telah dijalankan di SMA ini.Jadi kita tidak boleh berpikir hanya untuk SMA negeri 1 Purwodadi saja,tapi berpikir untuk membuat program pendidikan yang baik bagi semua sekolah,bagaimana kita maju bersama-sama di Grobogan,” jelasnya.

“Implemplementasi kebijakan Kemendikbud yaitu penumbuhan budi pekerti, pengembangan muatan lokal, serta pengembangan kewirausahaan,” pungkas Amin Hidayat.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan di halaman sekolah,turut hadir Putri Indonesia Jawa Tengah Disma Ajeng Rastiti,yang merupakan alumni SMA Negeri 1 Purwodadi.Disma dalam kesempatan tersebut mengajak pengunjung untuk membudayakan minat baca di kalangan pelajar.Disma terlihat mendekati beberapa anak yang sedang asyik membaca buku.”Saya sangat senang jika melihat anak-anak rajin membaca,” ungkapnya.

Disma juga memberikan motivasi kepada para pelajar agar selalu rajin belajar.”Apa yang kita capai memerlukan proses yang panjang.”Semua butuh proses,kupu-kupu pun pernah menjadi sesuatu yang menjijikkan sebelum menjadi indah.Belajarlah yang rajin,” terangnya.(ire)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel