Bledug Kuwu Menunggu Investor Untuk Berbenah


GROBOGAN- Semakin sepinya obyek wisata Bledug Kuwu membuat Disporabudpar Grobogan lakukan pembenahan.  Obyek wisata yang terletak di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan mendapatkan kucuran dana sebesar 1,5 M dari Propinsi Jawa Tengah untuk melakukan polesan awal DED(Desai Engenering Design) yang telah disiapkan .

Ruswandi, Kasi Destinasi wisata disporabudpar Grobogan saat dihubungi dikantornya menjelaskan saat ini pihaknya telah menyiapkan DED untuk mengembangkan wisata langka di dunia ini. “Kami siapkan bledug kuwu untuk bisa dimanfaatkan lumpurnya. Tapi ini masih perlu kajian yang lebih mendalam,” jelasnya.

Untuk mensiasati letupan Bledug kuwu yang semakin mengecil, saat ini pihaknya telah melakukan pengelupasan gunungan lumpur di sebelah utara. Lumpur yang dikelupas dimanfaatkan untuk membuat jalan tanggul keliling yang lebarnya 12 meter. “Saat ini jalan yang sudah jadi di sisi sebelah utara lebarnya baru 6 meter, selanjutnya akan diperluas lagi sesuai DED yang telah kita siapkan. Jalan ini nantinya dibuat keliling,” jelas Ruswandi.

Beberapa wahana baru telah dipersiapkan dalam DED yang bernilai 60 Milyar. Diantaranya lintasan motor trek,kolam lumpur,tempat pertunjukan,gapura dan beberapa sarana penunjang lainnya.”Saat ini sudah kita buat landasan truk sampah di sebelah barat obyek wisata sebagai solusi sampah yang selama ini dikeluhkan warga,” terang Ruswandi.

Siapkan Museum Pembuatan Garam dan Pemanfaatan Lumpur
Lazimnya produksi garam dilakukan di pantai, namun di obyek wisata Bledug Kuwu yang letaknya jauh dari laut bisa memproduksi garam de3ngan kualitas yang lebih bagus dari garam laut. “Dari penelitian para ahli, garam bledug Kuwu memeiliki kandungan Yodium yang lebih tinggi dari garam laut. Dan produksi garam di darat merupakan hal langka di dunia,” tutur Ruswandi.

Hal inilah yang membuatnya berinisiatif untuk membuat museum pembuatan garam. Selain itu, pemanfaatan lumpur yang konon untuk lulur kecantikan juga akan dimanfaatkan disini. “Harapan kita wisata Bledug Kuwu bisa tambah maju. Semoga ada investor yang mau menanamkan modal disini,” pungkasnya.(IYA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel