Juara Pesta Siaga Kwarran Siap Melaju di Tingkat Kwarcab




GROBOGAN - Barung Siaga putra pangkalan SD Negeri 2 Ngarap-arap dan Barung Siaga Putri pangkalan SD Negeri 3 Bandungsari bersiap mewakili Kwartir Ranting Ngaringan pada perhelatan Pesta Siaga Kwartir Cabang 11 15 Grobogan yang akan digelar pada tanggal 26 Februari 2017 di Purwodadi. Kedua barung ini berhasil menjadi tergiat satu putra dan putri pada kegiatan Pesta Siaga tingkat Kwartir Ranting Ngaringan yang digelar  kemarin.

Penyelenggaran Pesta Siaga yang digelar di Desa Tanjungharjo Ngaringan ini memberi kesan bagi warga masyarakat, kedai (pos) untuk melaksanakan tugas para barung menggunakan halaman rumah warga sehingga kegiatannya begitu asyik dan menyenangkan. Setiap barung menyambangi  rumah ke rumah untuk melaksanakan tugas dan mendapatkan poin penilaian dari dewan yuri.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Ngaringan, Sri Suhartini dengan diikuti sebanyak 37 barung putra dan 37 barung putri dari pangkalan SD/MI se Kecamatan Ngaringan.

Menurut Sri Nurwati, Pengurus Kwartir Ranting Ngaringan yang menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Pesta Siaga, kegiatan ini dikemas menjadi kegiatan yang asyik dan menyenangkan, tidak hanya sekedar lomba, tapi ada nilai-nilai pendidikan yang mengajarkan kesopanan, kesantunan, kekompakan dan kejujuran serta kemandirian. “Dengan menyelesaikan tugas di beberapa kedai yang meliputi Gerak dan Lagu, Bermain Peran, Kereta Bola, materi tolreransi, atribut Seragam Pramuka serta beberapa kedai lainnya adalah bagian penanaman nilai tanggungjawab pada anak-anak sejak dini, dan tentunya pemberian tugas ini disesuaikan dengan umur dan kondisi peserta didik” ujar Sri Nurwati.

Eko Budiyono, Pemina Gugusdepan Grobogan 09.041 SD Negeri 2 Ngarap-arap bahwa keberhasilan peserta didiknya “Barung Biru Putra” dalam mengikuti Pesta Siaga di tingkat Kwartir Ranting Ngaringan berkat semangat peserta didiknya dalam mengikuti latihan rutin di Gugusdepan. “Untuk mengikuti pesta siaga ini, anak-anak telah mempersiapkan diri sejak tiga bulan yang lalu dari Bulan Desember 2016, mereka berlatih secara giat dengan dibimbing ayahanda dan ibundanya (sebutan untuk pembina siaga), dan keberhasilan ini karena dukungan dari pihak sekolah, orang tua serta kebersamaan para Pembina Pramuka dalam latihan rutin mempengaruhi peserta didik dalam mengikuti sebuah kegiatan yang digelar dalam event pesta siaga yang secara rutin digelar setiap tahun ini,” jelasnya.



Sementara itu, disampakan oleh Prawoto, Ketua Kwartir Ranting Ngaringan bersamaan dengan penyelenggaraan Pesta Siaga Kwartir Ranting Ngaringan Tahun 2017, dicanangkan kegiatan “Gerbang Sang Pramuka” yaitu gerakan mengumpulkan dana untuk  membangun sanggar Pramuka Kwartir Ranting Ngaringan dengan secara berkala setiap hari Senin, berupa pengumpulan koin peduli yang melibatkan anggota Gerakan Pramuka di Kwartir Ranting Ngaringan, sebab sanggar merupakan pusat kegiatan Pramuka sehingga setiap Kwartir Ranting penting untuk memiliki sanggar.

Ditempat yang berbeda, pada Hari Sabtu 18 Februari 2017, Kwartir Ranting Klambu, Tawangharjo dan Tanggungharjo juga menggelar Pesta Siaga, dan pada Hari Minggu, 19 Februari 2017 Kwartir Ranting Purwodadi, Toroh, Wirosari dan Kedungjati juga mengelar Pesta Siaga. (iya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel