Pesta Siaga Kwarran Toroh Berlangsung Meriah



TOROH - Kegiatan Pramuka Minggu, 19 Februari 2017 di SMP Negeri 2 Toroh berlangsung unik. Pasalnya tidak hanya pramuka siaga saja yang tumpah ruah di tempat itu. Dalam suatu event yang digelar oleh Kwaran Toroh, berjalan tiga kegiatan sekaligus antara lain Pesta Siaga, Aksi Pramuka Peduli dalam rangka Baden Powell Day, dan Bazaar Siaga. Pesta siaga sendiri merupakan agenda rutin tahunan pramuka di wilayah Kecamatan Toroh. Sebanyak 1.220 pramuka berpartisipasi.

Disampaikan oleh Widji Astutik selaku Ketua Kwaran Toroh bahwa Pesta Siaga tahun ini memang unik. Tidak hanya materi kegiatannya. Pada saat Upacara Pembukaan, peserta melaksanakan kegiatan persaudaraan dengan senam maumere bersama pembina, panitia, jajaran Mabiran dan Panitia. Sehingga tercipta suasana yang hangat. Dilanjutkan aktivitas anak-anak di 10 taman permainan pesta siaga yang dirancang untuk kreativitas, ketaqwaan, toleransi beragama, patriotisme, sosial budaya serta peduli lingkungan. Karena barung-barung yang mengikuti kegiatan ini merupakan barung terbaik dari 65 gugus depan se Kecamatan Toroh. Tidak hanya peserta didik yang aktif, para pembina pendamping turut berpartisipasi di aksi pramuka peduli donor darah bersama PMI Kabupaten Grobogan. Selain  itu di sela-sela kegiatan anak-anak siaga dengan bimbingan pembinanya mengunjungi Bazaar Siaga, mengenal aktivitas jual beli di pasar pramuka.

Kita hendak mendorong kreativitas peserta pesta siaga, pembina maupun anggota pramuka yang lain, karena dengan wadah kegiatan semacam ini akan memberikan pengalaman yang berharga yang dapat dikenang oleh peserta di masa-masa mendatang, sehingga tidak hanya senang di pramuka, tetapi mau memilih pramuka sebagai alternatif kegiatan yang positif.

Sementara itu Camat Toroh Indartiningsih selaku Pembina Upacara menandaskan agar kegiatan pramuka benar-benar mampu menumbuhkan semangat cinta tanah air dan daya juang yang tinggi. Karena sifat pramuka yang menyenangkan akan mudah membentuk karakter dan jiwa kepemimpinan.


Adapun hasil kegiatan untuk kategori putra. Barung tergiat 1 dicapai  SD Negeri 1 Boloh, barung tergiat 2 dari SD Negeri 3 Kenteng,barung tergiat 3 dari SD Negeri 4 Tambirejo,harapan 1 dari SD Negeri 3 Boloh,harapan 2 dari SD Negeri2 Genengsari dan harapan 3 dari SD Negeri 3 Plosoharjo, sedangkan kategori putri Barung tergiat 1 dari SD Negeri 7 Depok, barung tergiat 2 dicapai dari SD Negeri 1 Sindurejo,barung tergiat 3 dicapai dari SD Negeri 4 Tunggak,harapan 1 dari SD Negeri 1 Depok,harapan 2 dari SD Negeri 3 Ngrandah dan harapan 3 dari SD Negeri 3 Tunggak. Selanjutnya barung tergiat 1 putra dan putri akan mewakili Kecamatan Toroh di Pesta Siaga tingkat Kwarcab Grobogan pada 26 Februari 2017. Sedangkan dari hasil kegiatan Aksi Pramuka Peduli donor darah dikelola oleh PMI Grobogan. (HRY)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel