-->
yQRsgXYtnqhElJ0qG98ow6B0hsUDuvl7mVOesb9a
Damkar Berikan Edukasi Padamkan Api

Iklan Billboard 970x250

Iklan 728x90

Damkar Berikan Edukasi Padamkan Api


GROBOGAN – Petugas pemadam kebakaran tak hanya bertugas memadamkan api saat kebakaran saja. Namun juga harus bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara memadamkan api yang aman.
Dalam edukasi kali ini, Pemadam kebagaran Kabupaten Grobogan memberikan edukasi kepada puluhan siswa SDIT Islamic Center Purwodadi. Para siswa  mendapat pelajaran dari petugas pemadam kebakaran (damkar) mengenai cara-cara memadamkan api, Rabu (15/3/2017). Enam petugas damkar bergantian memberikan contoh cara memadamkan api yang dilangsungkan di alun-alun Purwodadi.
Saat petugas Damkar menyalakan api, sebagian siswa tampak bersemangat mengikuti kegiatan yang tidak pernah didapat di bangku sekolah tersebut. Namun ada juga yang terlihat ketakutan. “Para siswa saat antusias sekali menerima pelajaran yang tidak pernah mereka dapat di sekolahnya ini,” tutur Sutrisno, Kasi Damkar.
Selain pelatihan dasar pemadaman api, petugas juga memberikan materi seputar masalah kebakaran. Antara lain, soal penyebab kebakaran yang selama ini sering terjadi. Kemudian, tindakan awal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran juga diberikan pada siswa tersebut.“Kalau di rumah jangan pernah bermain-main dengan api. Karena kelalaian kecil bisa berakibat kebakaran,” pesan Sutrisno kepada para siswa.
Sutrisno menyatakan, sangat senang dengan inisiatif dari pihak sekolah untuk mengenalkan cara-cara memadamkan kebakaran. Dengan  pengenalan sejak dini, diharapkan bisa menjadi bekal berharga di kemudian kelak. “Kalau terjadi musibah kebakaran, paling tidak bisa meminimalisir jumlah korban. Selama ini, sudah banyak yang minta diadakan pelatihan. Terus terang kami sangat mengapresiasi inisiatif dari sekolah ini,” ujarnya.
Sutrisno berharap agar sekolah-sekolah di tingkatan yang lebih tinggi yakni SMP dan SMA bisa mengikuti langkah serupa. “Beberapa perusahan dan instansi juga memanggil kita untuk memeberikan edukasi tentang langkah pemadaman kebakaran,” pungkasnya. (iya)
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post