Museum Sangiran Adakan Pameran Bersama Rumah Fosil Banjarejo


GROBOGAN –Pameran barang purbakala akan dilangsungkan di Gedung Wisuda Budaya Purwodadi, 24 – 28 Maret mendatang.  Koleksi purbakala milik Rumah Fosil Banjarejo akan dikolaborasi dengan koleksi milik Museum Sangiran. Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran yang selama ini sering melakukan pameran keliling Indonesia, dalam waktu dekat  akan singgah di Kota Purwodadi.

“Lokasi pameran akan ditempatkan di gedung Wisuda Budaya Purwodadi. Jadwalnya, dari tanggal 24-28 Maret. Beberapa waktu yang lalu pihak BPSMP Sangiran telah berkoordinasi dengan kita,” ungkap Kepala Desa Banjarejo, Achmad Taufik.

Menurut Taufik, dalam pameran nanti, pihaknya akan menyuguhkan tanduk kepala kerbau purba, tanduk kerbau banteng dan gading gajah. “Dengan adanya pameran di Purwodadi, maka warga Purwodadi tak perlu jauh-jauh pergi ke desa kami,” jelasnya.

Taufik berharap, pameran tersebut bisa menjadi pusat informasi tentang potensi pubakala di Desa Banjarejo.Sehingga Banjarejo dikenal masyarakat luas. “Dengan pameran ini, semoga masyarakat sadar arti pentingnya pelestarian cagar budaya,” tuturnya.


Terpisah, Kepala BPSMP Sangiran Sukronedi menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan aneka koleksi milik BPSMP Sangiran yang bakal dipajang. Antara lain, rekonstruksi patung keluarga manusia purba Homo Erectus. Terdiri dari laki-laki, perempuan dan anak.Selain itu, aneka benda purbakala lainnya juga sudah disiapkan. Seperti fosil hewan laut, gajah dan banteng yang usianya berkisar 500 ribu tahun.”Selain replika manusia purba beserta budayanya, fosil-fosil yang menjadi master peace di Sangiran juga kita bawa,” jelasnya.


Selain menyaksikan koleksi purbakala, pengunjung juga bisa menyaksikan pemutaran film  kepurbakalaan dan sejarah berdirinya Museum Sangiran. “Pengunjung kita manjakan dengan visual sejarah purbakala,” jelasnya.


Sukron menyatakan, pameran purbakala yang diselenggarakan BPSMP Sangiran gratis bagi semua pengunjung. Tujuan digelarnya pameran adalah untuk menyebar luaskan informasi kepurbakalaan, baik dari Sangiran dan Banjarejo bagi masyarakat luas.Khususnya, buat kalangan pelajar. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Grobogan untuk memobilisasi siswa sekolah guna menyaksikan pameran sekaligus menimba ilmu kepurbakalaan.”Kami berharap pameran nanti bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan pengunjung,” pungkasnya.(iya)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

alt gambar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel